Mengenal Butterfly Hug dalam K-drama 'Its Ok Not To Be Okay' Butterfly hug bantu redakan ledakan emosi. (foto: kpopchart)

DRAMA Korea yang sedang tayang di Netflix, Its Ok not to Be Okay membuka mata banyak orang akan fakta gangguan kesehatan mental. Dengan bumbu romansa, drama seri yang baru masuk episode empat ini menampilkan bagaimana beberapa orang berjuang melawan emosi.

Karakter Go Moon-young (Seo Ye-ji) digambarkan sebagai perempuan yang membawa luka masa kecil. Akibatnya, ia kerap kesulitan menahan emosi hingga hampir melukai orang lain. Di saat emosi Moon-young memuncak, datang Moon Kang-tae (Kim Soo-hyun), pemuda yang setiap hari menghadapi kakak yang berkebutuhan khusus. Ia membantu Moon-young meredakan emosinya. Salah satunya dengan menerapkan butterfly hug.

BACA JUGA:

Menjadi Pendengar yang Lebih Baik


Dikenalkan pada 1998

butterfly hug
Butterfly hug dikenalkan pada 1998. (foto: youtube TYF Support Group)


Istilah butterfly hug tidak asing dalam dunia psikologi ataupun kesehatan jiwa terutama dalam pemulihan trauma. Dalam studi, butterfly hug terbukti ampuh untuk menenangkan emosi dan menurunkan trauma yang sedang dialami seseorang.

Teknik psikoterapi dasar ini digunakan untuk menenangkan seseorang dalam keadaan emosi yang tidak stabil. Butterfly hug juga membantu membuang rasa trauma perasaan seseorang. Teknik yang pertama kali dikenalkan dua praktisi bernama Lucina Artigas dan Ignacio Jarero ini diterapkan perdana pada korban badai Pauline di Meksiko pada 1998.


Memulihkan Mental dan Trauma

butterfly hug
Terbukti membantu pemulihan trauma. (foto: pixabay/sasint)


Berkat keberhasil dalam penurunan trauma yang dialami korban badai di Meksimo, butterfly hug dijadikan teknik dasar dalam penenangan emosi. Teknik itu bisa meredakan kecemasan dan menenangkan emosi yang tidak stabil. Mengingat hanya bersifat membantu, teknik ini bukanlah pengganti terapi.

Butterfly hug bisa diterapkan ketika seseorang mengalami panic attack. Namun, itu tetap harus dikonsultasikan kepada ahli terlebih dahulu. Biasanya butterfly hug merupakan tindakan pertolongan pertama ketika seseorang mengalami hal-hal tersebut.

Mudah Dilakukan

butterfly hug
Butterfly hug mudah dilakukan.(foto wattpad)


Menerapkan butterfly hug amat mudah. Kamu hanya perlu menyilangkan tangan di dada, lalu menepuk kedua tangan seperti mengepakkan sayap kupu-kupu. Lakukan gerakan itu dengan napas yang teratur. Ulangi hal tersebut sampai perasaan kamu nyaman.

Butterfly hug bisa dilakukan semua umur. Jika diterapkan secara rutin, teknik ini akan membantu dalam menstabilkan emosi. Mau coba?(ray)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH