Mengenal Busana Virtual di Era Digital Sama seperti di dunia nyata, balutan virtual bisa membangun citra. (Foto: freepik/freepik)

DUNIA fashion melaju menggapai masa depan digital. Para jenama yang masuk ke mode digital percaya bahwa busana virtual akan menjadi semakin penting, karena kita menghabiskan lebih banyak waktu secara daring. Bukan hanya di ruang yang sudah dikenal seperti aplikasi kencan, video game, dan Zoom, tetapi di metaverse dan selanjutnya.

Sama seperti di dunia nyata, balutan virtual bisa membangun citra. Filter mode 3D yang mendandani kamu dengan jaket digital Dior terbaru misalnya, dapat memberimu kepercayaan diri untuk melakukan wawancara jarak jauh berikutnya.

"Fesyen bukan hanya untuk membuat kita tetap hangat, Ini tentang ekspresi, komunitas kreatif, berada dalam genggamanmu," kata Elliott-Young, salah satu pendiri Institute of Digital Fashion, sebuah wadah pemikir dan konsultan mode digital yang memberi saran kepada klien papan atas tentang cara terlibat dalam mode virtual.

Bagi kamu yang ingin mencoba dunia fesyen digital yang muncul dengan cepat (dan sering membingungkan) ini, berikut adalah beberapa cara untuk memperluas koleksi di lemari pakaian virtualmu.

Baca juga:

Nike Akuisisi Startup Sneaker Virtual RTFKT

Tempat berbelanja

Mengenal Busana Virtual di Era Digital
Menelusuri produk seperti halnya saat berbelanja pakaian fisik secara daring. (Foto: freepik/rawpixel.com)

Kamu dapat berbelanja pakaian virtual di platform e-niaga seperti DressX, pengecer mode digital terbesar di dunia. Ada pula Replicant, The Dematerialized, dan DigitalLAX, tempat kamu dapat menelusuri produk seperti halnya saat berbelanja pakaian fisik secara daring.

DressX memiliki lebih dari 2.500 item, mulai dari crop top digital dan sepatu kets hingga gaun pahatan yang lebih besar dari aslinya, gaun futuristik yang cocok untuk bangsawan atau mantel yang terbakar. Kamu dapat 'mencoba' pilihan repertoar DressX di aplikasi, menggunakan augmented reality untuk membuat overlay digital yang menambah atau 'memperbesar' rekaman kamera langsung.

Beberapa merek mewah seperti Karl Lagerfeld, Rebecca Minkoff, dan Rotate ditempatkan di The Dematerialised, sementara yang lain seperti Gucci sekarang tersedia di video game Roblox.

Adapun video game, di mana pengguna telah lama menggunakan mode digital, membeli avatar 'skin' berbeda tergantung pada preferensi game kamu. Di Animal Crossing: New Horizons, pemain bisa mendapatkan koleksi spesial dari Marc Jacobs, Valentino, dan Maison Margiela melalui kode unduhan gratis yang diunggah di akun Instagram Animal Crossing Fashion Archive (@animalcrossingfashionarchive).

Di Roblox dan Fortnite, pemain harus membeli pakaian mereka melalui katalog resmi dalam game yang disebut Avatar Shop atau Item Shop. Pada Juni 2022, The Sims berkolaborasi dengan platform penjualan kembali dan Depop favorit Gen Z untuk menciptakan berbagai pakaian digital yang terinspirasi Y2K, dari atasan korset hingga jeans berkobar dan jaket grafiti.

Baca juga:

'Gran Turismo' X Dior Hadirkan Fashion Item Spesial

Produk yang dibeli

Mengenal Busana Virtual di Era Digital
NFT IT-bag dapat ditumpangkan sebagai render 3D ke foto dan video IRL kamu. (Foto: freepik/freepik)

Mode digital ada dalam beberapa bentuk, pertama adalah versi 'dapat dipakai' dari NFT. Tidak seperti pasar seni digital, di mana NFT hanya ada sebagai gambar yang dapat dikoleksi, banyak perancang busana digital sekarang menyertakan versi 'dapat dipakai' dalam penjualan NFT, yang berarti pembeli dapat memamerkan pembelian mereka dalam foto, metaverse, atau melalui filter AR yang memungkinkan pakaian digital untuk bergerak dengan tubuh secara real-time.

Misalnya 'IT-Bag of the Metaverse', NFT dari tas lingkaran berkilauan yang hadir dalam warna ungu, perak, emas, dan biru oleh desainer digital Diverge, adalah aksesori virtual yang dapat dikenakan sepenuhnya. NFT IT-bag kamu dapat ditumpangkan sebagai render 3D ke foto dan video IRL kamu, streaming langsung desktop menggunakan filter AR unik atau dikenakan oleh avatar di Decentraland.

'Skin' adalah konfigurasi lain dari mode digital yang digunakan untuk mempersonalisasi avatar kamu di video game. Pada 2021, Fortnite berkolaborasi dengan Balenciaga untuk merilis berbagai skin game yang dirancang khusus untuk avatar dalam game.

Pembayaran dengan kripto

Mengenal Busana Virtual di Era Digital
Perlu menyiapkan dompet kripto digita,l tapi ada beberapa menerima pembayaran dalam konvensional. (Foto: freepik/frimufilms)

Busana digital dapat berkisar dari harga satu hingga ribuan dollar. Biasanya, barang akan berharga sekitar 50 USD (sekitar Rp 745.000) hingga 120 USD (sekitar Rp 1.790.000) per garmen, tergantung pada jenama dan tingkat detailnya sama seperti di dunia nyata.

Membeli pakaian digital di metaverse seringkali membutuhkan mata uang digital. Decentraland menerima Ethereum dan MANA. Kamu dapat membeli keduanya di platform perdagangan crypto seperti eToro dan Coinbase.

Untuk mendapatkan akses penuh ke metaverse Decentraland, kamu perlu menyiapkan dompet kripto digital. Ada beberapa penyedia dompet yang berbeda: MetaMask, Fortmatic, WalletConnect, dan Coinbase. Dompet kripto digital adalah cara mengelola danamu sambil menjaga semuanya tetap aman melalui serangkaian kata sandi pribadi.

Namun, jika aplikasi trading membuatmu terintimidasi, sekarang kamu dapat membeli kripto langsung di PayPal. Aplikasi ini menjual Bitcoin dan Ethereum langsung ke pemegang akun melalui situs web dan aplikasi ponsel pintar. Beberapa pasar mode digital juga mengizinkan pembayaran dalam mata uang konvensional. (aru)

Baca juga:

Musik Virtual, Cara Baru Menikmati Musik

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Hwang In-yeop Adakan Fan Meeting di Kota Kasablanka, Jakarta
ShowBiz
Hwang In-yeop Adakan Fan Meeting di Kota Kasablanka, Jakarta

Ia sudah malang melintang di industri hiburan sejak tahun 2019 setelah sebelumnya fokus di dunia modeling.

Sebelum Nonton, Simak Fakta Menarik Seputar 'Money Heist: Korea - Joint Economic Area'
ShowBiz
Sebelum Nonton, Simak Fakta Menarik Seputar 'Money Heist: Korea - Joint Economic Area'

Money Heist: Korea - Joint Economic Area lebih dari sekadar adaptasi.

Hajatan Festival Film Cannes Digelar 17 Mei
ShowBiz
Hajatan Festival Film Cannes Digelar 17 Mei

Akan berbeda dari dua gelaran sebelumnya.

'Puss in Boots: The Last Wish', Hiburan Ringan nan Sarat Makna
ShowBiz
'Puss in Boots: The Last Wish', Hiburan Ringan nan Sarat Makna

Karakter Puss in Boots muncul perrtama di film Shrek (2017).

Tingkatkan Baca Anak dengan Metode Read Aloud
Fun
Tingkatkan Baca Anak dengan Metode Read Aloud

Ajarkan anak membaca dengan metode read aloud.

Stoffel Vandoorne Raih Gelar Juara Dunia Formula E 2021-2022
Fun
Stoffel Vandoorne Raih Gelar Juara Dunia Formula E 2021-2022

Unggul 33 poin atas Mitch Evans di klasemen akhir Formula E 2021-2022.

Arkeolog Ungkap Fungsi Stonehenge sebagai Kalender Matahari
Hiburan & Gaya Hidup
Arkeolog Ungkap Fungsi Stonehenge sebagai Kalender Matahari

Timothy Darvill, profesor arkeologi di Universitas Bournemouth Inggris, menyimpulkan Stonehenge berfungsi sebagai kalender matahari.

Ford Rilis Edisi Holman Moody Heritage, Penghormatan untuk Le Mans
Hiburan & Gaya Hidup
Ford Rilis Edisi Holman Moody Heritage, Penghormatan untuk Le Mans

Ford merilis varian GT Holman Moody Heritage Edition. Mobil ini dibuat untuk menghormati mobil balap GT40 MK II di 24 Hours of Le Mans 1966.

Raja Charles III Umumkan Nama-Nama Peraih Gelar Kehormatan Kerajaan
Fun
Raja Charles III Umumkan Nama-Nama Peraih Gelar Kehormatan Kerajaan

Dari 1.100 orang tersebut, lebih dari setengahnya merupakan perempuan.