Mengenal Budaya Jepang dalam Japan Cultural Weeks 2019 Demonstrasi Iaido saat pembukaan Japan Cultural Weeks 2019 (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

KEBUDAYAAN Jepang termasuk menjadi favorit orang Indonesia. Terutama di kalangan para pelajar. Sebut saja film-film Jepang yang marak tayang di televisi Indonesia. Mulai dari Doraemon hingga Crayon Sinchan. Belum lagi film-film anime yang enggak terhitung judulnya.

Selain itu, kuliner Jepang juga merambah di resto-resto Indonesia. Ada sushi, ramen, udon, hingga soba. Bagi kamu yang suka banget dengan budaya Jepang, siap-siap untuk menyambut ajang festival serba-Jepang. The Japan Foundation kembali menggelar Japan Cultural Weeks 2019.

Japan Cultural Weeks 2019 dihelat selama 12 hari mulai 12-23 Februari 2019. Acara ini dihelat di Hall The Japan Foundation di Gedung Summitmas 1 lantai 2, Jakarta Pusat.

Di pekan pengenalan budaya Jepang ini, kamu akan merasakan sensasi berada di Jepang. Kamu akan mendapatkan pengalaman kebudayaan Jepang dan mendapatkan berbagai macam pengetahuan segala hal tentang Jepang.

"Goal-nya (acara ini) kami mau lanjut kolaborasi persahabatan antar-Indonesia dan Jepang. Supaya friendship Indonesia dan Jepang lebih baik lagi," kata Daisuke Kato, Deputy Director The Japan Foundation Jakarta, kepada Merahputih.com, Selasa (12/2).

Lalu ada apa saja sih di Japan Cultural Weeks 2019?

1. Mendalami kebudayaan Jepang lewat talkshow

Kuliner yang diperkenalkan tahun ini salah satunya ialah onigir.i (Foto: Pixabay/Carick)

Akan ada banyak talkshow dengan narasumber terpercaya dalam acara ini. Topik yang dibicarakan juga menarik-menarik. Misalnya Pengenalan Kyogi Karuta oleh Karuta Klub yang akan diadakan pada Kamis mendatang.

Kemudian ada juga pengenalan Yosakoi, tarian khas Jepang. Yosakoi akan dipaparkan langsung secara mendalam oleh Hyakka Ryaouran. Enggak ketinggalan, kamu juga akan dikenalkan upacara minum teh (Sadou) oleh Chado Urasenke Tankokai Indonesia.

Lalu yang paling kamu tunggu-tunggu juga akan ada di acari ini, yaitu pengenalan kuliner Jepang. Untuk tahun ini, akan ada pengenalan onigiri & Makimono oleh Ootoya Restaurant. Oh iya, kamu juga bisa icip-icip makanannya lo.

2. Pemutaran film dan lomba pidato bahasa Jepang

Film yang diputar berjudul 'Pop in Q.(Foto: honeysanime.com)

Pernah nonton film fantasi Jepang berjudul Pop in Q? Kalau belum, kamu bisa menonton film ini di Japan Cultural Weeks 2019 lo. Filmnya akan diputar pada hari kamis tanggal 14 Februari 2018 pukul 14.00. Pop in Q bercerita tentang lima gadis SMP yang masuk ke dunia fantasi.

Enggak cuma itu, nantinya kamu juga bisa menyaksikan lomba pidato bahasa Jepang. Perlombaan tersebut memiliki tingkatan nasional dan sudah dihelat untuk ke-18 kalinya. Yang mengikuti lomba pidato ini ialah pelajar tingkat SLTA yang berprestasi.

Jadi, sahabat Merah Putih, sudah siap datang ke Japan Cultural Weeks 2019? Oh iya acara ini enggak dipungut biaya lo, alias gratis. Jadi jangan segan untuk mampir dan jangan lupa ajak teman kamu ya! (ikh)

Baca juga: Jangan Dianggap Sama, Ini Perbedaan Kimono dan Yukata

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH