Mengenal Bitcoin, Jalan Menjadi Kaya? Bitcoin dikhawatirkan nilainya merosot. (Foto crypto-news)

MESKIPUN sudah dikenal sejak tahun 2009 yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto. Namun Bitcoin tidak serta merta diterima oleh publik. Publik belum menerima karena alasan utamanya masih terdapat kebingungannya di dalam.

Julian Asange dan Wikileaks mendapatkan dukungan dana menjalankan situsnya dengan Bitcoin ini. Selagi bank tidak mau memberikannya dana, Bitcoin dengan mudahnya memberikan padanya.

Bitcoin yang disebutkan masuk dalam cryptocurrency itu masih menjadi bahan perdebatan di kalangan pelakon keuangan. Perkembangan yang sangat pesat pada akhir 2017, membuat pakar keuangan khawatir nilainya merosot tajam.

Harus diakui bahwa mata uang virtual, Bitcoin seperti sengatan listrik yang mengagetkan. Nilai tukar Bitcoin sebut saja pada poundsterling Inggris mencapai 125 ribu kali. Jadi bila Anda membeli Bitcoin dengan harga £75 (Rp1,4 juta) maka Anda akan langsung memiliki nilai uang sekitar £9,5 juta (Rp173 miliar).

Saat ini mata uang baru ini diciptakan melalui proses online yang lumayan rumit yang disebut dengan mining. Diperlukan supercomputer untuk membuat Bitcoin baru dengan komputer koding.

Untuk mendapatkan Bitcoin harus mendownload aplikasi brokernya seperti Coinbase atau Blockchain. Bitcoin dibeli dengan mata uang real yang ada melalui kartu kredit atau debit. Nilai pembeliannya tergantung keinginan pembelinya tidak ada batasannya.

Jika miner ada yang tertarik maka ia akan menyetujui pembelian Bitcoin. Dengan aplikasi yang sama seseorang dapat juga menjual Bitcoinnya.

Para pengamat keuangan ngeri melihat pergerakan Bitcoin. Nilai tukarnya yang luar biasa justru membuat mereka berpikir keamanan dan keselamatan uangnya. Jika Bitcoin meledak, maka meledak semua nilai uangnya tak bersisa.

Diperkirakan sampai pertengahan tahun 2018 nilainya akan terus naik sampai 40%. Namun tetap saja ada kekhawatiran nilai Bitcoin akan terjun bebas. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo