Kuliner

Mengenal Berbagai Macam Tepung Gluten Free

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 02 September 2021
Mengenal Berbagai Macam Tepung Gluten Free
Tepung bebas gluten bagus untuk kesehatan tubuh. (sumber: Indoindians)

TEPUNG gluten free dibuat khusus untuk orang yang mengalami kondisi medis tertentu seperti celiac dan intoleransi gluten. Umumnya, tepung yang mengandung gluten memiliki tekstur elastis dan kenyal pada adonan makanan. Sementara tepung tanpa gluten cenderung lembut dan empuk.

Kebanyakan makanan seperti roti, keik, dan kukis, berasal dari tepung yang biasa kita gunakan. Sehingga makanan ini tidak bisa dikonsumsi orang yang pantang gluten. Namun kamu masih bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa takut dengan kandungan gluten.

Baca Juga:

Mengenal Diet 'Gluten Free' dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Menurut Indoindians, ada beberapa tepung yang gluten free, antara lain:

1. Tepung Almond

Tepung almond memiliki serat dan protein yang tinggi. (sumber: Indoindians)



Tepung ini sudah digunakan di banyak makanan dengan resep gluten free. Tepung almond memberikan tekstur yang empuk dan lembut pada adonan makanan, serta membuat rasa menjadi seimbang. Tepung berbahan dasar kacang ini memiliki lemak yang tinggi dan mengandung serat dan protein. Kamu bisa mengkreasikan tepung ini untuk panekuk, keik, dan kukis.

2. Tepung Oat

Tepung oat dapat digunakan untuk membuat kukis dan keik lainnya. (sumber: Indoindians)


Tepung oat menjadi bahan pengganti yang dapat kamu gunakan untuk membuat makanan yang dipanggang. Cara membuat tepung ini sangat mudah. Kamu hanya memerlukan oat dan penghalus makanan atau blender. Tepung ini cocok digunakan jika kamu menyukai tekstur kue yang hancur dan kenyal. Tepung oat juga bisa dipakai sebagai topping makanan.

Baca Juga:

Resep Fudge Brownies Gluten Free, Keto Friendly

3. Tepung Beras Cokelat

Tepung beras cokelat juga menjadi tepung pengganti yang sehat dan serbaguna. (sumber: Indoindians)


Tepung beras cokelat juga menjadi pilihan tepung bebas gluten. Tekstur yang diberikan oleh tepung yang satu ini ialah elastis, kenyal, dan hambar. Tepung ini sangat serbaguna, seperti menjadi tambahan untuk ragi dan semua resep panggangan. Tepung beras cokelat bagus untuk ditambahkan ke adonan pai. Selain itu, dapat digunakan untuk mengentalkan saus, protein tambahan untuk sop, dan membuat mi.

4. Tepung Sorgum

Tepung Sorgum memiliki rasa yang manis dan hasil akhir yang lembut. (sumber: Indoindians)


Tepung sorgum untuk membuat kukus dapat memberikan kelembutan, rasa manis, dan tekstur yang empuk. Resep makanan yang kamu bisa buat dengan tepung ini seperti brownies, kukis kacang, dan souffle. Saat menggunakan tepung ini, kamu perlu menambahkan tepung jagung ke dalam adonannya.

5. Tepung Buckwheat

Tepung ini berasal dari tanaman gandum. (sumber: Indoindians)


Tepung ini mengandung protein tinggi dan kaya akan mineral. Sesuai namanya, tepung ini berasal dari tanaman gandum. Di Jepang, jenis tepung itu digunakan untuk membuat mi soba, sementara di Prancis untuk membuat pastri. (cil)

Baca Juga:

Resep Chicken Quesadilla, Makanan Meksiko

#Kesehatan #Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan