Mengenal Batik Kelengan yang Dipakai Ahok Saat Sidang ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Ternyata setiap motif batik memiliki makna tersendiri. Salah satunya motif batik yang dipakai mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok di sidang putusan di Gedung Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (9/5) lalu. Sadar atau tidak saat itu Ahok memakai batik dengan makna berkabung.

Batik yang bernama batik Kelengan ini cukup sederhana karena umumnya hanya memiliki dua warna yakni putih dan warna lain. Hal tersebut lantaran batik kelengan hanya mengalami proses celupan warna sebanyak satu kali.

Kesederhanaan ini menandakan bila si pemakai dunia batinnya sedang dalam kondisi prihatin. Biasanya, batik kelengan dipakai oleh kaum peranakan Tionghoa Pekalongan atau Pesisir untuk melayat atau dalam suasana berkabung.

Antara
(ANTARA FOTO/Ubaidillah)

Selain itu, warna biru pada batik yang dipakai Ahok bisa diartikan sebagai warna yang harmoni, kepercayaan dan percaya diri. Warna ini memang terbilang cukup populer di dunia sejak dulu. Bahkan beberapa peninggalan seperti keramik dan guci menggunakan kombinasi putih biru.

Guna mendapatkan warna biru yang baik pada batik kelengan ternyata tidak mudah. Bahkan untuk mendapatkan efek biru yang dikehendaki dibutuhkan pencelupan berkali-kali. Warna biru sendiri merupakan warna awal dari batik sogan yang berwarna cokelat.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Arie Kriting Anggap Vonis Ahok Wajar


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH