Mengenal Bakso Sukowati yang Legendaris, Makanan Favorit SBY dan Keluarga Sejak Dulu Salah satu makanan favorit keluarga SBY (Foto: instagram @rianurdini)

JIKA kamu berkunjung ke daerah Cikeas, belum lengkap rasanya jika tak icip-icip salah satu kuliner yang cukup legendaris yaitu Bakso Sukowati.

Selain dikenal dengan rasanya yang nikmat, Bakso Sukowati dikenal sebaga bakso yang sangat disukai oleh SBY dan keluarga sejak dulu.

Seperti yang dihimpun dari berbagai sumber, Bakso Sukowati telah berjualan sejak 1994. Bakso tersebut mulai terkenal setelah menjadi langganan keluarga mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Bakso Sukowati menjadi favorit keluargga SBY (Foto: instagram @rantnaiskak)

Bahkan kabarnya SBY telah berlangganan bakso asal Sragen tersebut, jauh sebelum SBY menjabat sebagai Presiden Indonesia. Hingga kini pun Bakso Sukowati tak pernah sepi pengunjung.

Apalagi ruang tempat makan serta parkirannya pun sangat luas. Jadi orang yang ingin berkunjung ke Bakso Sukowati akan terasa sangat nyaman.

Untuk menu dari Bakso Sukowati sendiri, tidak pernah berubah dari 24 tahun silam. Hanya bakso polos serta pilihan mie kuning maupun bihun. Untuk satu porsi baksonya dihargai sekitar Rp20 ribu. Di mana terdiri dari enam butir bakso polos dan mie yang ditaburi seledri serta bawang goreng.

Bakso Sukowati tak pernah sepi pengunjung (Foto: instagram @baksosukowati)

Aroma kuah bakso sukowati sendiri begitu sedap dan menggugah selera. Untuk ukuran baksonya terbilang berukurang sedang. Sementara ketika kamu potong, tekstur baso tampak begitu lembut dan kenyal.

Untuk kuah kaldu sapi dari Bakso Sukowati terlihat bening dan tampak tidak terlalu berlemak. Rasanya ringa namun gurih kaldu sangat kuat tapi tingkat keasinannya pas. Namun untuk menyesuaikan selera kamu, disana terdapat beberapa bumbu yang bisa kamu tambahkan.

Beralih ke rasa bakso Sukowati. Kendati terbilang bakso polos, namun rasa daging sapinya begitu terasa, tersirat juga campuran lada dan bawang putih pada setiap gigitannya. Kelezatannya tak kalah dari bakso urat maupun bakso isi lainnya. Apalag jika dipadukan dengan mie kuning, taburan bawang goreng dan seledri, menjadikan kombinasi yang sangat pas.

Bakso Sukowati tawarkan rasa daging yang begitu sedap dan kuah yang gurih (foto: instagram kulineraladewis)

Lantaran kelezatannya tersebut, tak mengherankan jika SBY dan keluarganya selalu memesan bakso Sukowati. Dari mulai untuk acara keluarga hingga kenegaraan.

Baca juga: Mengharukan, Ini Ucapan Duka dari 3 Penyanyi Kaliber Indonesia Untuk Almarhumah Ani Yudhoyono

Untuk kamu yang penasaran dengan cita rasa dari bakso legendaris di Ciekas tersebut. Kamu bisa langsung kunjungi kedai Bakso Sukowati Cikeas, Jl. Letda Nasir, Nagrak, Gn. Putri. Bogor, Jawa Barat. (ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH