Mengenal ARDS yang Menyertai COVID-19 Komplikasi dengan ADRS membuat pasien tak bertahan. (Foto: Unsplash/Martin Sanchez2)

COVID-19 menjadi momok bagi semua orang di berbagai negara. Semua sendi sosial dan pemerintahan mendadak lambat atau lumpuh. Apalagi virus ini sudah menginfeksi banyak orang. Bertambah berat bila terjadi komplikasi pada penderita COVID-19.

Salah satu komplikasi yang mengancam jiwa adalah sindrom gangguan pernapasan akut, yang bisa disebut Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS).

Baca Juga:

Biar Traveling Lancar Setelah Pandemi Corona Berakhir, Lakukan Hal Ini saat #DiRumahAja

corona
Komplikasi yang mengancam jiwa adalah sindrom gangguan pernapasan akut. (Foto: Unsplash/Fusion Medical Animation)

Melansir dari Health yang menukil dari penelitian yang dimuat pada Journal of American Medical Association, menunjukkan bahwa lebih dari 40 persen penderita COVID-19 menjadi parah akibat ARDS.

American Lung Association (ALA) mengatakan ARDS adalah penyakit progresif cepat yang dapat terjadi pada pasien yang sakit kritis, terutama pada orang yang didiagnosis COVID-19. Awalnya, ARDS dianggap sebagai pneunomia atau edema paru (cairan paru-paru akibat penyakit jantung).

Baca Juga:

Pengguna 'Olshop' Berdonasi untuk Perangi Virus Corona

corona
Pasien COVID-19 dengan ADRS akan mengalami kesulitan bernafas. (Foto: Unsplash/Martin Sanchez

Menurut ALA, penderita akan sering mengalami sesak napas, batuk, dan demam yang parah. Denyut jantung yang cepat dan pernapasan cepat juga muncul pada penderita ARDS. Bagaimana COVID-19 pada akhirnya bisa mengarah ke ARDS?

Menurut Dr Shervin Takyar, MD,PHD, ahli paru di Yale Medicine yang dilansir dari Health, mirip dengan banyak virus lain, COVID-19 dapat menginfeksi dan merusak sel-sel paru-paru, mengatur tahap terjadinya ARDS. "Diperkirakan bahwa infeksi dan peradangan menyebabkan kerusakan pembuluh darah paru-paru," katanya. Ketika itu terjadi, pertukaran oksigen dalam tubuh terganggu. (nic)

Baca Juga:

Jangan Keluar Rumah, 5 Permainan Rumahan Ini Baik untuk Perkembangan Si Kecil



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH