Mengenal Aktor Joaquin Phoenix, Pemeran Utama Film ‘Joker’ Joaquin Phoenix menjadi pemeran utama dalam film Joker. (Foto: imgur/geekztor)

JOAQUIN Phoenix adalah aktor senior yang memulai karir di dunia akting sejak kecil. Ia pertama kali terjun ke dunia perfilman saat usianya masih delapan tahun. Saat itu ia tampil pada serial film Seven Brides for Seven Brothers (1982). Karena kemampuan luar biasa dalam memerankan beberapa karakter, ia pun masuk kategori aktor papan atas Hollywood.

Joker merupakan film garapan sutradara oleh Todd Phillips yang siap meramaikan para penggemar Oktober 2019. Pada film ini, Joaquin Phoenix berperan sebagai Arthur Fleck, karakter utama yang lalu 'berubah' menjadi Joker.

Baca juga:

Transisi Arthur Fleck Menjadi Karakter Jahat di Film Joker Terbaru

Bukan hal yang mengejutkan ketika Joaquin Phoenix dipilih menjadi pemeran utama dalam film ini, mengingat ia sering memerankan karakter yang nyeleneh. Sebelum menonton film Joker, cek terlebih dahulu fakta menarik mengenai Joaquin Phoenix yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Mimpi yang jadi kenyataan

Mengenal Aktor Joaquin Phoenix, Pemeran Utama Film ‘Joker’
Joaquin Phoenix sudah lama memimpikan untuk menjadi pemeran Joker. (Foto: dccomics)

Phoenix merupakan aktor yang menolak untuk berkomitmen dalam film superhero karena harus memerankan karakter yang sama di setiap filmnya. Ia sempat menolak beberapa tawaran Marvel untuk menjadi pemeran utama dalam film Doctor Strange dan Hulk.

Alasannya, ia merasa kurang pas dengan sekuel dan crossover yang lahir di film superhero. Namun di kesempatan kali ini, ia tidak bisa menolak untuk memerankan Joker. Dalam sebuah wawancara dilansir dari laman collider.com, Phoenix mengatakan bahwa ia sudah lama memimpikan peran sosok Joker.

“Tiga atau empat tahun yang lalu, saya menelepon agen saya dan berkata: mengapa mereka tidak mau mengambil salah satu dari karakter ini dan hanya membuat film dengan anggaran lebih rendah tentang itu, sebuah film tetapi sebuah studi karakter, dan mengapa tidak mengambil salah satu dari penjahat?” Ujarnya.

2. Joaquin Phoenix takut memerankan Joker

Mengenal Aktor Joaquin Phoenix, Pemeran Utama Film ‘Joker’
Banyak kesulitan ketika memerankan Joker. (Foto: warnerbros)

Meskipun memimpikan untuk menjadi pemeran utama dalam film Joker, ia mengaku kesulitan untuk mendalami karakter tersebut. Phoenix banyak merasakan ketakutan saat ia memerankan Joker dan menganggap itu sangat menguras emosi.

“Tapi, saya selalu mengatakan ada ketakutan yang memotivasi dan ketakutan yang melemahkan. Ada ketakutan di mana Anda tidak bisa membuat langkah. Dan saya suka ketakutan semacam itu, membimbing kita, membuat kita bekerja lebih keras.” Ujar Phoenix.

Baca juga:

Aneh dan Menyeramkan, Begini Tampilan Joaquin Phoenix di Trailer Film Joker

3. Teman baik Heath ‘Joker’ Ledger

Mengenal Aktor Joaquin Phoenix, Pemeran Utama Film ‘Joker’
Joaquin Phoenix merupakan teman baik Heath Ledger. (Foto: cchsoracle)

Fakta menarik lainnya yakni Joaquin Phoenix merupakan teman baik dari Heath Ledger, musuh sejati Batman. Heath Ledger memerankan Joker dalam film Batman: The Dark Night, yang memang pintar dalam memainkan tempo cerita sebuah film.

Karatker Joker pun dikenal sebagai sosok penjahat mengerikan. Namun pada 2008, Heath Ledger menghembuskan nafas terakhirnya. Karakter Joker yang diperankannya dulu tetap abadi hingga kini, bahkan Joker versi Jared Leto di Suicide Squad dikatakan tidak sebanding denganya.

4. Aktor dengan segudang pengalaman

Mengenal Aktor Joaquin Phoenix, Pemeran Utama Film ‘Joker’
Menjadi aktor yang berpengalaman dan sudah memenangkan beberapa penghargaan. (Foto: theindependent)

Joaquin Phoenix sudah memerankan beberapa film sebelumnya. Di antarnya termasuk Commodus di Gladiator (2000) dan karakter Theodore Twombly di film Her (2013).

Selain itu ia juga pernah berperan dalam film Sign (2002), Hotel Rwanda (2004), dan Maria Magdalene (2018). Phoenix juga pernah menjadi dubber di film animasi Brother Bear (2003). (And)

Baca juga:

Fakta-fakta yang Wajib Diketahui di Film Joker



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH