Mengenal 2 Jenis Kopi dari Flores NTT yang Mendunia Flores memiliki dua jenis kopi yang unik (Foto: Pexels/Igor Haritanovich)

FLORES di Nusa Tenggara Timur sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Pulau seluas 13.540 km² ini memiliki cuaca yang cukup unik karena dipengaruhi oleh iklim tropis Indonesia dan subtropis Australia.

Dan ternyata, tidak hanya keindahan alamnya saja. Flores memiliki dua jenis kopi yang disebut-sebut salah satu kopi terbaik de Indonesia.

Baca juga:

Kopi Gayo, Saksi Bisu Kekuasaan Belanda di Dataran Tinggi Gayo

Kopi Flores merupakan salah satu kopi dari Indonesia yang juga terkenal di mancanegara. Popularitasnya dikarenakan rasa dan aromanya yang cukup unik. Secara umum, jika dilihat dari flavour wheel, rasa kopi Flores mempunyai rasa aroma bunga, karamel, kacang-kacangan dan bahkan rasa tembakau.

Dengan kondisi cuaca dan lingkungannya yang unik, tidak mengherankan jika Flores memiliki dua jenis kopi pamungkas dengan rasa tidak kalah dengan jenis kopi lainnya. Berikut adalah dua jenis kopi asli Flores yang reputasinya mendunia.

Kopi Flores Manggarai

Menjadi komoditi terbaik dari Indonesia (Foto: Brigitte Tohm)

Kopi Flores Manggarai berasal dari daerah yang bernama Manggarai. Dari zaman kolonial, daerah ini sudah terkenal sebagai produsen kopi. Pada zaman kolonialis, Kopi Flores Manggarai dinilai jadi salah satu komoditi terbaik dari Indonesia.

Cita rasa unik dan karakter yang kuat dari Kopi Flores Manggarai ini berasal dari tempatnya tumbuh di ketinggian 1.100-1.300 mdpl. Kopi Flores Manggarai juga terbagi rata dengan jenis arabika dan robusta.

Baca juga:

Kopi Tatungkuik, Ngopi Terbalik di Cuaca Dingin

Karena popularitasnya, Kopi Flores Manggarai sudah terkenal ke mancanegara dan diekspor ke Eropa dan Timur Tengah. Tidak heran jika jenis kopi ini pada tahun 2015 lalu dinobatkan jadi kopi terbaik di Indonesia.

Kopi Flores Bajawa

Mempunyai karakteristik yang kuat (Foto: freestocks.org)

Kopi Flores Bajawa mempunyai karakteristik yang kuat. Jenis kopi yang satu ini memiliki kadar air hinga 13%. Kopi Flores Bajawa tumbuh di lereng gunung Inie Rie yang tumbuh di ketinggian 1.200-1.500 mdpl. Gunung Inie Rie termasuk gunung berapi yang masih aktif.

Oleh Karena itu, tanah tempat deretan pohon kopi tersebut tumbuh dikenal sangat subur karena termasuk tanah vulkanik kualitas pertama. After taste Kopi Flores Bajawa ini adalah wangi kayu yang eksotis, serta tingkat keasamannya yang seimbang.(lgi)

Baca juga:

Silahkan Didebat Tapi Inilah Biji Kopi Terbaik di Dunia

Kredit : leonard


Ikhsan Digdo