Mengemas Barang dengan Cerdas Mengemas Barang Cerdas (Foto: Oprah)

MENGEMAS pakaian adalah hal esensial yang harus kita lakukan saat hendak berlibur. Salah satu masalah yang kerap kita hadapi saat mengemas pakaian adalah kelebihan muatan. Jika sudah demikian, pihak penerbangan akan meminta biaya ekstra untuk setiap kilo pakaian yang kita bawa. Jangan khawatir. Kau hanya perlu belajar cara mengemas barang yang efektif sehingga terhindar dari kelebihan muatan.

1. Bawa barang sesuai kebutuhan saja

packing
Pikirkan pakaian yang dibawa dengan matang (Foto: Mozo)

"Sebelum memasukkan barang-barang yang hendak di bawa ke dalam tas, taruh di atas kasur dan pikirkan secara matang," ujar Ahli Perjalanan, Samantha Brown. Menurutnya, cara tersebut membuat kita terhindar dari membawa barang yang tak diperlukan. Menurutnya, membawa barang tanpa perencanaan berakibat pada kesalahan kita dalam membawa barang saat liburan. Tas kita pun akan kelebihan muatan.

2. Pilih pakaian yang tipis

pullover
Microfleece Pullover (Foto: Charles River Apparel)

Ketika dilipat, ukuran pakaian kita jauh lebih tebal. Bayangkan saja jika kamu harus membawa pakaian yang memang tebal. Tasmu takkan bisa memuat barang-barangmu yang lain dan dapat menyebabkan bagasi kelebihan muatan. Untuk itu, bawalah pakaian yang tipis. "Memilih pakaian yang lebih tipis membuat perbedaan besar dalam seberapa banyak pakaian yang akan kita bawa," tutur penulis Smart Packing for Today's Traveler, Susan Foster. Alih-alih membawa sweater yang berat atau celana jeans, kamu bisa membawa microfleece pull over atau celana bahan.

3. Pakaian yang tebal sebaiknya langsung dipakai

sweater
Sweater sebaiknya dipakai langsung (Foto: Pexels@Duong Nhan)

Hendak pergi ke tempat yang dingin? Kamu tentu akan membawa pakaian yang tebal. Jika kamu khawatir pakaian tebal akan membuat tas lebih berat, kamu bisa langsung memakai jaket tersebut. Tas pun takkan kelebihan muatan.

4. Kurangi sepatu yang hendak dibawa

Sepatu
Pertimbangkan sepatu yang hendak di bawa (Foto: Food Fun Travel)

Bagi perempuan, sepatu merupakan salah satu barang penting. Begitu pentingnya hingga mereka tak mungkin lupa membawa sepatu saat liburan. Sepatu yang hendak di bawa biasanya disesuaikan dengan berbagai kesempatan. Namun perlu diingat, membawa sepatu berlebihan dapat membuat tas kita kelebihan muatan. Idealnya, sepatu yang bisa kita bawa adalah dua pasang sepatu. Bawa sepasang sepatu di tas dan pakai sepatu lainnya.

5. Kompresikan Pakaian

vacuum bag
Tas Kompresi Membuat Hemat Ruang (Foto: Dog Bed 4 Less)

Salah satu cara supaya bisa membawa banyak barang tanpa membuat tas menjadi berat yakni dengan menggunakan tas kompresi atau vacuum bag. Tas kompresi merupakan tas plastik besar dan dilengkapi dengan katup yang bisa membuat kedap udara. Efeknya dapat membuat pakaian menciut ukurannya sehingga dapat menghemat ruang. Tak hanya pakaian, berbagai barang bisa dikompresi dengan tas ini seperti sweater, mantel, jaket, bantal, handuk, dan lain-lain. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH