Mengelola Bisnis Tetap Bertahan di Tengah Pandemi COVID-19 COVID-19 bukan halangan untuk tetap menjalankan bisnis. (Foto: Pixabay/Stevepb)

SEJAK semua beralih bkerja dari rumah atau kerja work from home, semua menjadi agak melambat, terutama pada dunia bisnis. Cobalah untuk mempertimbangkan dan memanfaatkan marketplace atau eCommerce agar tetap melakukan penjualan meskipun kamu menutup toko.

Nah, dirangkum dari beberapa sumber ada 5 tips yang dapat kamu lakukan agar bisnismu tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19.

Baca Juga:

Rumah Idaman Harus Bersih dari Virus Corona, Begini Kiatnya!

1. Komunikasi

kerja
Komunikasi di zaman digital adalah hal yang mudah. (Foto: Pixabay/geralt)


Komunikasi merupakan hal yang paling penting untuk sebuah kesuksesan tim. Komunikasi dapat membantu saat mengambil keputusan dan menjangkau orang lain untuk kerja efektif dari proses bisnis internal yang baru diubah dan disesuaikan.


2. Melihat perencanaan bisnis

kerja
Periksa perencanaan bisnis untuk modifikasi. (Foto: Pexels/rawpixelcom)


Saat situasi ekonomi terpuruk akibat COVID-19, pelaku bisnis harus jeli dalam mengambil keputusan. Harus ada strategi yang tepat, dan membuat pembukuan perusahaan yang rapi. Mulai dari keseluruhan transaksi keuangan, pemasukan, pengeluaran, maupun transaksi lainnya harus didokumentasikan dengan baik. Tinjau kembali perencanaan bisnis kamu!

3. Followup

kerja
Selalu tetap berhubungan dengan pelanggan, klien atau prospek. (Foto: Pexels/Jessica Lewis)


Virus corona tak menjadi halangan untuk bersilaturahmi pada klien kamu. Kalau memang harus ada yang diselesaikan, usahakan terus melakukan followup terkait progress melalui email, telepon, atau aplikasi messenger. Kamu juga bisa meeting melalui Skype Call atau Zoom, dan memberikan update kepada pelanggan dengan mengirimi newsletter, promosi, atau informasi terbaru tentang produk kamu atau layanan menggunakan email marketing. Teknologi digital memungkinkan untuk dapat menjangkau klien kamu dimana saja.

Baca Juga:

5 Tips Remote Working dari Rumah yang Bakal Membuatmu Produktif

4. Manfaatkan media sosial

kerja
Maksimalkan media sosial kamu. (Foto: Pixabay/Erik_lucatero)

Media sosial juga dimaksimalkan untuk memasarkan bisnis baik besar maupun kecil. Kamu membantu melawan persebaran COVID-19 tanpa keluar rumah namun bisnis tetap berjalan dengan baik. Malahan biayanya sangat rasional dan daya jangkauannya luas. Jangan lupa untuk membuat konten yang menarik perhatian konsumen, ya!

5. Stok barang

kerja
Cek selalu ketersiadaan barang. (Foto: Pexels/WinSon 5293)


Penyebaran virus corona yang makin agresif membuat pelaku usaha berpikir matang untuk mengunjungi gudang usaha secara langsung. Ada alternatif yang dilakukan, memeriksa status persediaan barang secara berkala melalui jarak jauh. Jangan hanya memikirkan persebaran produk saja, harus diperhatikan stok barang. Alih-alih mendapatkan keuntungan malah buntung karena kepercayaan pelanggan yang hilang. (fld)


Baca Juga:

#DiRumahAja Bukan Berarti Enggak Kerja, Aplikasi 'Meeting Online' ini Bisa Membantu



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH