Bahaya yang Mengintai Kulit Jika Gemar Mengaplikasikan Berlapis-Lapis 'Skincare' Bahaya mengaplikasikan terlalu banyak skincare (Sumber: Prysi Cosmetic Surgery)

BERAPA banyak skincare yang kamu gunakan? Tiga? Lima? Atau Sepuluh? Mari kita mulai dari dasar-dasarnya seperti pembersih, toner, dan pelembab.

Lalu beberapa di antara kita memiliki serum favorit yang dapat menunjang performa kulit dan vitamin C yang dapat mencerahkan wajah.

Belum lagi dengan krim mata yang menargetkan lingkaran hitam di bawa mata. Tren 10 steps skincare Korea pun menjadi ritual banyak perempuan demi mendapatkan kulit sebening gelas kaca ala perempuan Korea.

Apakah 10 steps skincare benar-benar yang dibutuhkan oleh kita? Jawabannya tidak. Seorang perawat Dermtology & Celebrity Injector, Alice Jenkins mengatakan mayoritas orang memiliki kulit lembab.

Faktanya, hanya 15 persen orang di dunia ini secara genetik memiliki kulit kering sehingga benar-benar perlu meggunakan pelembab dalam aktivitas sehari-hari.

"Ini adalah kesalahpahaman umum yang beredar di masyarakat bahwa semakin banyak pelembab yang digunakan maka semakin efektif. Rata-rata kulit kita hanya menyerap 60 persen dari produk yang diaplikasikan sementara sisanya hanya ada di permukaan. Itu dapat menyumbat pori-pori, mencekik kulit dan menghalangi cara kerja alami kulit," urai Jenkins.

Skin care
Perawatan kulit (Sumber: Dean Drobot)

Kulit kita memiliki kemampuan alami untuk bekerja memperbaiki sel kulit yang rusak. Jenkins mengungkapkan mengaplikasikan skincare secara berlebihan dapat membuat kulit kita menjadi malas.

"Ia akan bergantung pada kelembaban eksternal dan tidak bekerja keras untuk melakukan fungsi alami seperti melindungi dan menghidrasi dirinya sendiri," jelasnya. Penggunaan produk pelembab secara berlebihan justru memperburuk masalah kulit.

Skincare
Perawatan kulit seminimalis mungkin (Sumber: Freepik)

"Selain membuat kulit bergantung pada hidrasi tambahan, produk perawatan kulit berlapis-lapis juga dapat meningkatkan produksi sebum, peradangan, pori-pori terseumbat, kemerahan, pengelupasan kulit, hiperpigmentasi dan jerawat," beber Jenkins.

Jadi, perlukah kita menggunakan berbagai macam produk perawatan kulit? Ternyata, hanya ada tiga langkah yang kita butuhkan untuk menjaga kulit agar tetap sehat. "Tiga langkah yang dibutuhkan kulit adalah membersihkan wajah, eksfoliasi dan serum yang disesuaikan kondisi kulit," tuturnya. (avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH