Mengecewakan, Peace Diamond Terjual hanya US$ 6,5 Juta Peace diamond. (foto: thenational)

BERLIAN yang dijuluki 'peace diamond' ini merupakan salah satu berlian terbesar di dunia.

Julukan 'peace diamond' disematkan lantaran sebagian besar hasil penjualannya akan digunakan untuk membantu desa di Sierra Leone, tempat berlian itu ditemukan.

Peace diamond yang ditemukan di Desa Koryardu, Sierra Leone, itu tercatat sebagai berlian ketiga terbesar di dunia dengan berat 709 karat.

Pada beberapa dekade lalu, berlian dari Sierra Leone dijuluki 'blood diamond' karena hasil penjualannya digunakan untuk mendanai perang sipil di negara itu juga sejumlah konflik di Afrika.

Kini, alih-alih menjual berlian kepada penyelundup, penduduk desa membuatnya terkenal untuk mencari perhatian pemerintah. Akhirnya, berlian itu dijual lewat sebuah lelang.

Salah satu pembuat perhiasan mewah di dunia, Laurence Graff, memenangi lelang di New York, Senin (4/12). Perusahaan itu membayar US$ 6,5 juta untuk berlian berukuran besar itu. Angka itu jauh lebih kecil ketimbang yang diharapkan. Apalagi pemerintah Sierra Leone telah menolak tawaran senilai US$ 7,8 juta, Mei lalu. Ketika itu, pemerintah beralasan bahwa berlian itu bisa dijual dengan lebih tinggi.

Rapaport Group, organisasi perhiasan yang membantu membawa berlian itu dalam lelang, mengklaim batu itu merupakan yang terbesar ketiga dalam sejarah negara itu dan yang ke-14 terbesar di dunia.

Di masa lalu, berlian dengan ukuran yang sama bisa terjual hampir 10 kali lebih banyak. Demikian disampaikan Direktur Pelaksana 77Diamonds.com Tobias Kormind. 77 Diamonds.com merupakan pembuat perhiasan daring. Sebagai perbandingan, berlian Constellation terjual US$ 63 juta, tahun lalu.

"Saat ini, pasar berlian tidak pada posisi puncak," ujar Kormind kepada CNNMoney.

Ia juga menambahkan, berlian itu tidak semenarik ukurannya yang besar.

"Peace diamond dikenal sebagai batu yang tidak mudah. Berlian mentah tidak selalu bisa diubah menjadi berlian yang berukuran besar setelah dipotong dan dipoles," jelasnya.

Meskipun jumlah yang dihasilkan mengecewakan, peace diamond tetap membawa kebaikan bagi warga desa di Sierra Leone.

Lebih dari separuh hasil penjualan berlian itu digunakan untuk pendanaan pemerintah, termasuk infrastruktur untuk para penggali dan komunitas mereka, seperti air bersih, listrik, fasilitas medis, sekolah, dan jalan. Demikian dilaporkan Rapaport Group.

Selain itu, seperempat lainnya diberikan kepada penggali penemu berlian itu dan sisanya digunakan untuk program pemerintah, Diamond Area Community Development Fund.

"Peace diamond ini melambangkan harapan kami untuk masa depan yang lebih baik, sejalan dengan berkembangnya dana sosial, pembangunan, dan peluang kerja," ujar Pastor Emmanuel Momoh, salah seorang penemu berlian itu.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH