Musik
Mengarungi Limbo lewat Lagu 'Wandering Wondering' Reuben Nathaniel dan Jason Mountario Reuben Nathaniel dan Jason Mountario kolaborasi luncurkan lagu baru berjudul Wandering Wondering. (Foto: Istimewa)

EKSPERIMENTAL tanpa batas jadi kata yang tepat untuk menggambarkan lagu terbaru Reuben Nathaniel dan Jason Mountario. Pertama kali suara ditangkap telinga, kamu mungkin belum mengerti. Pendengar memang diajak untuk masuk lebih dalam. Tak bisa sekadar lalu, menikmati Wandering Wondering harus dilakukan lebih dari satu kali.

Mungkin bukan jatuh cinta pada pendengaran pertama, namun mirip seperti asmara yang tumbuh perlahan seperti kuncup bunga seiring dengan petikan gitar dan imajinasi sonik liar Jason.

Wandering Wondering, seperti dikutip dari keterangan yang diterima Merah Putih, merupakan sebuah proyek yang diciptakan oleh dua musisi Indonesia andal. Ini merupakan kolaborasi perdana dari keduanya. Berasal dari dua latar belakang yang benar-benar berbeda, justru menghasilkan kombinasi memukau. Berbeda dari yang lain.

Baca juga:

Kado Istimewa dari Barry Likumahuwa dan Teddy Adhitya untuk Kota Ambon

Lagu ini menceritakan limbo Reuben yang hendak meninggalkan dunia. Mengutip Cambridge Dictionary, limbo adalah situasi yang tidak pasti yang tak dapat dikendalikan ketika tak ada kemajuan atau peningkatan.

Dalam kehampaan ini, penyanyi kelahiran 10 Oktober 1996 itu hendak meninggalkan dunia hanya untuk akhirnya mendapati dirinya kembali membayangkan ke masa ketika dirinya ingin melarikan diri.

Narasi surealis ini justru menginspirasi Jason untuk menciptakan sebuah semesta baru dalam bentuk lagu. Berisi kenestapaan dan kesuraman yang dibuktikan dengan aransemen dan musik mencekam yang terkesan menakutkan.

Namun bersamaan dengan menit-menit yang berlalu, perlahan lagu berubah jadi sesuatu yang penuh harapan. Kemudian melahirkan tujuh menit petualangan musikal dramatik sarat makna.

Baca juga:

Pesan Kuat Sarat Makna Tertuang dalam Video Musik Terbaru Voice of Baceprot

Reuben sendiri yang merangkai liriknya dengan diksi indah nan gemulai. Dimulai dari rasa sakit sebagai sesuatu yang tentu familiar baginya dan banyak orang. "Dan saya bosan hanya menyaksikan sesuatu yang absurd. Hal ini disebut bertahan hidup di planet Bumi yang mencari ini," nyanyinya. Hal itu akhirnya membuat orang harus terus-menerus merasa khawatir.

Pada akhirnya, semuanya harus dibuang dan ditinggalkan menuju sebuah kehampaan. "Mungkin lebih baik kita pergi sebelum membuat lebih banyak reruntuhan yang menghancurkan hal baik yang sudah kita buat," tulis liriknya. Pandangan ini yang akhirnya membuat personel The Overtunes itu terus berandai dalam lagunya.

Mengarungi Limbo lewat Lagu 'Wandering Wondering' Reuben Nathaniel dan Jason Mountario
Kombinasi lirikal sarat makna dari Reuben dan musik artistik garapan Jason membuat Wandering Wondering jadi sebuah karya memukau. (Foto: Istimewa)

Ini adalah sebuah karya eksentrik, saat aksara lirikal digabung dengan musik mendukung. Seluruh bunyi dibuat dengan menggunakan teknik rekaman idiosinkratis atau distingtif. Jason berhasil mengutak-atik pemakaian instrumen akustik. Mulai dari gitar akustik, elektrik, ukulele, piano, dan violin. Kemudian memanipulasikannya dengan efek enalog dan teknologi digital.

Hasilnya bisa kamu dengar sendiri melalui lagu yang dirilis pada 10 Oktober 2021 ini. Tidak bisa diceritakan lewat tulisan, kamu perlu mendengar dan merasakan perjalananya sendiri. Kamu bisa mendengarkan di malam hari sambil memasang sepasang earphone di telinga, dan melayang 'wondering' sekaligus 'wandering' bersama Reuben Nathaniel dan Jason Mountario. (sam)

Baca juga:

Racikan Baru Titi Radjo Padmaja dan Jevin Julian Hasilkan Remix 'Leave and Goodbye'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Foo Fighters Rilis Dokumenter ‘The Day The Music Came Back’
ShowBiz
Foo Fighters Rilis Dokumenter ‘The Day The Music Came Back’

Menampilkan pertunjukan hits terbesar mereka.

Pecatur Leo Lucki Jadi Juara MPL Speed Chess di Piala Presiden Esports 2021
Fun
Pecatur Leo Lucki Jadi Juara MPL Speed Chess di Piala Presiden Esports 2021

Leo Lucki berhasil mengalahkan Kosasih di gim MPL Speed Chess.

Matahari Pernah Memiliki Cincin Seperti Saturnus
Fun
Matahari Pernah Memiliki Cincin Seperti Saturnus

Ada fungsi pada cincin yang dimiliki matahari.

Cantika Abigail: Self Love itu Seperti Roller Coaster
ShowBiz
Cantika Abigail: Self Love itu Seperti Roller Coaster

Cantika Abigail merasa self love itu seperti naik dan turun.

Resistensi Antibiotik, Pandemi Lain yang Mengancam Dunia
Fun
Resistensi Antibiotik, Pandemi Lain yang Mengancam Dunia

Negara-negara miskin terkena dampak terburuk tetapi resistensi antimikroba mengancam kesehatan semua orang di dunia, kata laporan itu.

Sepanjang 2021, Pengguna Habiskan 38 Miliar Jam di Steam
Fun
James Marsden Terbuka untuk Perankan Cyclops MCU
ShowBiz
James Marsden Terbuka untuk Perankan Cyclops MCU

Akan membuka tangan selebar-lebarnya demi dapatkan perannya kembali di studio Marvel.

Akankah 'Doctor Strange 2' Seperti 'Spiderman: No Way Home'?
Fun
Akankah 'Doctor Strange 2' Seperti 'Spiderman: No Way Home'?

Banyak teori beredar tentang 'Doctor Strange 2'.

Penggalangan Dana UOB Bagi Masyarakat Terdampak Pandemi Cetak Rekor Hingga $1,86 Juta
Hiburan & Gaya Hidup
Penggalangan Dana UOB Bagi Masyarakat Terdampak Pandemi Cetak Rekor Hingga $1,86 Juta

UOB menggalang dana lewat Global Heartbeat Virtual Run/Walk