5 Hari Mengarungi Lautan di Atas KRI Dewaruci KRI Dewaruci kebanggaan Indonesia. (foto: MP/Muchammad Yani)

PANAS terik bercampur debu jalanan tak pernah lepas menyelimuti jalan di Tanjung Priok, Jakarta. Kendaraan besar berlalu lalang sambil sesekali membunyikan klakson yang cukup memekakkan telinga. Tak jauh dari stasiun, terlihat tumpukan container berbagai ukuran.

Di tengah hiruk pikuk Tanjung Priok, sebuah kapal terlihat sangat menarik perhatian. Kapal tersebut bersandar di JICT 2, persis di sebelah kapal perang Amerika Serikat yang sedang berlabuh. Bentuknya klasik, tapi tetap terlihat kokoh. Beberapa kru kapal tampak sedang bersantai dengan pakaian loreng khas TNI-AL.

Kapal itu ialah Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci. Sebuah kapal legendaris dan kebanggaan Indonesia. Sejak pertama kali dibuat pada 1953, KRI Dewaruci sudah beberapa kali berkeliling dunia. Bagi TNI-AL suatu kebanggaan bisa berlayar dengan kapal ini.

Megahnya KRI Dewaruci. (foto: MP/Muchammad Yani)

Merahputih.com berkesempatan untuk berlayar dari Jakarta menuju Palembang bersama KRI Dewaruci. Bekerja sama dengan PPAL, Kaniki membuat suatu acara untuk menanamkan jiwa kemaritiman ke muda-mudi Indonesia selama lima hari dengan tema Dewaruci Experience.

Sekitar 53 peserta berbagai usia dan 40 orang kru kapal ikut dalam pelayaran itu. Nantinya, tak ada perlakuan khusus bagi semua peserta. Hal itu diungkapkan oleh Letkol Laut (P) Waluyo, SH, M Tr Hanla saat pembukaan.

"Semua kami perlakukan sama seperti taruna ya," ucapnya dengan wajah bersahaja, Jumat (10/8).

Kri dewaruci
Sebanyak 53 peserta akan berlayar dari Jakarta ke Palembanng. (foto: MP/Muchammad Yani)

Selama lima hari mendatang, serangkaian acara dibuat untuk peserta, mulai dari membersihkan geladak kapal, memperkenalkan beberapa ruang hingga gim seru.

KRI Dewaruci merupakan kapal produksi Jerman tahun 1952 dan diluncurkan setahun setelahnya. Kapal ini berbasis di Surabaya dan digunakan sebagai kapal pelatihan taruna Akademi Angkatan Laut serta TNI Angkatan Laut.

kri dewaruci
Geladak KRI Dewaruci. (foto: MP/Muchammad Yani)

Dengan panjang 53,8 meter dan lebar 9,50 meter, gagah KRI Dewaruci mengarungi lautan. Kapal ini bahkan kerap mendapat penghargaan karena ketangguhannya.(yan)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH