Film

Mengapa ‘WandaVision’ Hadir dengan Gaya Sitkom?

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 22 Januari 2021
Mengapa ‘WandaVision’ Hadir dengan Gaya Sitkom?
Nuansa WandaVision berbeda dengan film MCU lainnya. (Foto: Den of Geek)

MARVEL Studios resmi merilis dua episode perdana WandaVision secara eksklusif di Disney Plus Hotstar. Seperti yang diketahui, serial pertama Fase Keempat ini menggabungkan konsep TV klasik dan Marvel Cinematic Universe (MCU) dengan sentuhan komedi sitkom klasik yang segar.

Mengutip laman ANTARA, para pembuat film, pemeran, dan kru mengungkapkan cara mereka menangkap gaya sitkom.

Baca juga:

Desember, Serial WandaVision Dirilis Disney+

1. Riset dan kursus

Mengapa ‘WandaVision’ Hadir dengan Gaya Sitkom?
Digarap oleh sutradara Matt Shakman. (Foto: Hollywood Reporter)


Untuk menciptakan suasana sitkom sempurna dari masa ke masa, seluruh aktor dan kru yang terlibat dalam serial ini turun langsung untuk melakukan riset mendalam. Sang sutradara, Matt Shakman mengharuskan seluruh aktor dan kru untuk mengikuti sejenis kursus sitkom dan melakukan riset.

Mereka diimbau untuk menyaksikan tayangan sitkom dari beberapa dekade tertentu dalam rentang era 1950-an hingga 2000-an. Mulai dari membaca buku tentang cara pembuatan sitkom, hingga mewawancarai beberapa tokoh yang pernah terlibat langsung dalam pembuatan sitkom zaman dulu, salah satunya aktor kawakan Dick Van Dyke.

"Sebelum memulai proses produksi serial WandaVision ini, saya dan Kevin Feige berkesempatan untuk makan siang bersama aktor legendaris Dick Van Dyke. Dari diskusi tersebut, saya mendapat banyak inspirasi yang saya implementasikan di episode pertama serial ini," kata Shakman.

Baca juga:

‘WandaVision’ Hadir Dengan Nuansa Era 1950-an

2. Penonton di studio

Mengapa ‘WandaVision’ Hadir dengan Gaya Sitkom?
Melibatkan penonton hadir langsung di studio selama proses produksi. (Foto: ComingSoon)


Untuk menyajikan tayangan yang otentik, Shakman memutuskan untuk melibatkan penonton hadir langsung di studio selama proses produksi. Hal ini ia yakini sangat memengaruhi suasana yang dibangun selama syuting berlangsung. Para pemeran dapat mendengarkan langsung suara tertawa yang natural dari penonton di studio.

"Elemen ini benar-benar menghidupkan suasana dan menurut saya menggambarkan gaya hiburan di 1950-an dengan sangat baik. Saya sangat menikmati keseluruhan prosesnya," kata pemeran Vision, Paul Bettany.

3. Lagu dan skor

Mengapa ‘WandaVision’ Hadir dengan Gaya Sitkom?
Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez. (Foto: Baltimore Sun)


Selain visualnya, Shakman juga memberikan perhatian kepada audionya. Ia mempercayakan penulis lagu pemenang penghargaan Oscar dan Grammy, Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez (Frozen) untuk membuat tema lagu di WandaVision.

Keduanya berupaya untuk menghasilkan perubahan suasana dekade yang maksimal dengan membubuhkan lagu dengan nada dan gaya sesuai. Ketika mereka menciptakan theme songs yang unik untuk setiap episode, Christope Beck fokus pada pembuatan score musiknya. (and)

Baca juga:

WandaVision Tayang 15 Januari 2021 di Disney Plus

#Film #Disney Plus # Marvel Cinematic Universe
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan