Hobi

Misteri Gonggongan Anjing

annehsannehs - Senin, 27 September 2021
Misteri Gonggongan Anjing
Cara atasi anjing suka menggonggong. (Foto pixabay/Huskyherz)

JIKA manusia bisa berbicara untuk menyampaikan informasi atau mengungkapkan perasaan, anjing akan menggonggong untuk 'berbicara' kepada manusia dan sesama anjing lainnya.

"Ada sembilan jenis gonggongan anjing, yakni kegirangan dan bermain, mencari perhatian, bosan dan kesepian, tanda waspada dan ketakutan, teritorial, rasa sakit, kebingungan terkait demensia anjing, kecemasan menghadapi perpisahan, dan gonggongan yang kompulsif. Beberapa anjing ada yang menyukai suara mereka sendiri, " ungkap Marty Becker, DVM, founder Fear Free, organisasi yang mendidik dokter hewan profesional mengenai kesejahteraan emosional hewan peliharaan, kepada Health.

Ia mengatakan, jika kamu sudah mengenal anjingmu dalam waktu yang lama, kamu juga bisa mengidentifikasi gonggongan yang berbeda-beda ini.

Ada 9 jenis gonggongan anjing. (Foto pixabay/free-photos)
Ada 9 jenis gonggongan anjing. (Foto pixabay/free-photos)

Menggonggong pun tergolong sebagai perilaku yang normal bagi anjing. Meski begitu, gonggonggan yang berlebihan juga bisa mengkhawatirkan dan mengganggu orang lain, apalagi jika tinggal di komplek perumahan. Maka dari itu, ada beberapa cara untuk mengatasinya agar bisa membuat anjingmu lebih bahagia, sehat, dan tenang.

Memberikan stimulasi bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi gonggongan anjing. Biasanya, gonggongan berlebihan berasal dari kurangnya rangsangan mental. Coba gaya hidup yang baru untuk mereka, seperti membawanya ke taman anjing setiap sore, memberikan mainan baru, atau rajin-rajin mengajaknya bermain.

Sibukkan mereka dengan mainan. (Foto MP/Shenna)
Sibukkan mereka dengan mainan. (Foto MP/Shenna)

Biarkan juga anjing mengendus-ngendus ketika mereka menjelajah saat berjalan-jalan. "Mengendus, bagi anjing, bagaikan membaca koran. Mereka bisa berjalan-jalan, membaca, dan menerima informasi dari hewan lain yang ada di area tersebut," ungkap pelatih hewan bersertifikat dan dan ahli veterinary behaviorist di Behavior Clinic ini Ohio, Rachel Lees, RVT.

Kamu juga bisa mengubah suasana jika anjingmu suka menggonggongi tetangga, tukang pos, atau bahkan orang lewat. Coba untuk menyingkirkan stimulusnya dengan cara menutup tirai jendela agar anjing tidak bisa terpicu, atau berikan mereka mainan untuk digigit atau lickmat untuk menyibukkan mereka.

Cara lain untuk mengatasi gonggonggan pada anak anjing adalah dengan menghiraukannya. Coba strategi silent treatment. Jika mereka menggonggong, jangan hampiri anjing karena memberikan perhatian kepada mereka malah akan membuat mereka ketergantungan dan suka menggonggong agar diperhatikan.

Kenali gonggongan anjingmu terlebih dahulu. (Foto MP/Shenna)
Kenali gonggongan anjingmu terlebih dahulu. (Foto MP/Shenna)

"Tunggu mereka diam selama beberapa detik, dan berikan treat. Hadiahi perilaku positif dan terus hadiahi mereka dengan makanan dan perhatian jika mereka tetap diam dan tenang sepanjang hari," ungkap Lees.

Jika kamu tidak ingin anjing merasa terpicu dan ikutan menggonggong tiap ada anjing lain, atasi dengan cara counterconditioning. Cara ini bisa membuat anjingmu tidak peka terhadap pemicunya. Caranya, putarkan rekaman anjing menggonggong dengan volume rendah selama beberapa kali sehari agar anjing merasa terbiasa dan tidak ikutan menggonggong jika ada anjing asli yang menggonggong di dekat mereka. (SHN)

#Hobi
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan