Mengapa Perempuan Rentan Depresi? Ada beberapa faktor memengaruhi perempuan rentan depresi. (Foto: Unsplash-Anthony Tran)

DEPRESI sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja. Namun, perempuan dikatakan lebih mudah depresi daripada pria. Brett Silverstein & Arthur D. Lynch pada Gender Differences in Depression: The Role Played by Paternal Attitudes of Male Superiority and Maternal Modeling of Gender-Related Limitations, mengungkapkan perbedaan simtomatologi depresi telah banyak beroleh perhatian dan fakta menujukan prevalensi depresi klinis dan subklinis lebih tinggi terjadi di antara perempuan. Salah satu faktor diyakini berperan besar adalah perubahan hormonal.

Baca juga:

Pria, Jaga Mentalmu Sehat, jangan Terjebak Toxic Masculinity

Lebih lanjut, berdasarkan Whitney Waharton pada jurnal Neurobiological Underpinnings of the Estrogen-Mood Relationship, perempuan berada pada risiko lebih tinggi daripada pria untuk mengalami gangguan mood dan depresi. Risiko ini dikaitkan dengan fluktuasi kadar estrogen terjadi selama siklus reproduksi, terutama saat transisi menopause. Peran sosial juga berpengaruh pada perempuan, seperti menjadi ibu rumah tangga atau perempuan yang mengejar karier justru menghadapi diskriminasi dan ketidaksetaraan pekerjaan.

Lalu, apa saja faktor lain membuat perempuan rentan mengalami depresi?

Mengutip laman Alodokter, depresi pada perempuan bisa menimbulkan beragam keluhan dan gejala, mulai dari sedih, kehilangan semangat melakukan kegiatan, hingga munculnya keinginan bunuh diri. Beratnya keluhan akan bergantung pada tingkat depresi.

depresi
Banyak tuntutan yang harus dilakukan. (Foto: Unsplash-Anh Nguyen)

Ada tiga penyebab tingginya angka depresi pada perempuan, mulai dari faktor biologis, psikologis, hingga sosial budaya. Pada perempuan perubahan kadar hormon, seperti estrogen dan progesteron, bisa memengaruhi bagian sistem saraf berhubungan dengan suasana hati. Hal ini berkaitan juga dengan meningkatnya risiko gangguan kesehatan mental, termasuk depresi.

Perubahan kadar hormon perempuan terjadi saat menstruasi, hamil, keguguran, melahirkan, dan menopause.

Baca juga:

Mengapa Pria Lebih Sulit Menangis Dibanding Perempuan?

Alasan psikologis, perempuan mengalami ragam fase kehidupan dapat memengaruhi kondisi psikisnya, mulai dari pendidikan, karier, menikah, memiliki anak, proses membesarkan anak, hingga krisis paruh baya.

Selain itu, perempuan punya cara unik ketika menghadapi masalah, antara lain dengan lebih banyak mempertimbangkan dan memikirkan berbagai hal dan kemungkinan, serta lebih melibatkan perasaan saat berada di suatu hubungan.

depresi
Jangan dianggap enteng karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan. (Foto: Unsplash-Yuris Alhumaydy)

Beragam tahap kehidupan serta cara merespons suatu keadaan turut memengaruhi kesehatan mental dan membuat perempuan lebih mungkin mengalami depresi.

Tradisi di masyarakat pun sering menilai perempuan harus memiliki sikap lembut, bisa mengasuh, dan harus peka, lanjut Alodokter, sehingga penilaian tersebut rentan menjadikan perempuan mendefinisikan dirinya melalui pendapat orang lain. Hal ini tentu akan memengaruhi kesehatan mentalnya. Jadi, tidak heran bila perempuan lebih mudah mengalami stres.

Baca juga:

Toxic Masculinity, ketika Laki-Laki Dituntut Selalu Gagah

Tuntutan perempuan harus bisa berperan ganda juga turut memberi pengaruh. Misalnya, perempuan sebaiknya ikut bekerja, entah itu untuk mencukupi kebutuhan keluarga atau karena takut direndahkan jika hanya menjadi ibu rumah tangga. Namun, di sisi lain, perempuan tetap dituntut bertanggung jawab untuk urusan rumah tangga.

Sejumlah alasan di atas menjelaskan mengapa perempuan lebih mudah mengalami depresi. Kondisi ini tidak boleh diangggap enteng karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan. (And)

Baca juga:

Mengapa Kita Sering Menolak Mengalami Suatu Perasaan?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Apa Sih Bedanya Serum dan Pelembap?
Fun
Apa Sih Bedanya Serum dan Pelembap?

Dua produk yang populer untuk menjaga kesehatan kulit adalah serum dan pelembap.

Ecoutez Perkenalkan Vokalis Barunya
ShowBiz
Ecoutez Perkenalkan Vokalis Barunya

Sheila Anandara terpilih setelah mengalahkan ratusan pendaftar yang diadakan secara daring oleh pihak manajemen Ecoutez.

Dota 2 akan Hadirkan Marci Sebagai Hero Terbaru
Fun
Dota 2 akan Hadirkan Marci Sebagai Hero Terbaru

Hampir di setiap ajang The Intenational, Dota 2 menghadirkan hero baru.

Selama Pandemi, Mobil Bekas Daihatsu Diminati
Hiburan & Gaya Hidup
Selama Pandemi, Mobil Bekas Daihatsu Diminati

Terlaris nomor 2 di pasar mobil bekas Indonesia.

Pemuda Negeri Aing Serukan Gerakan Anti Sampah Plastik demi Kebaikan Lingkungan
Fun
Mobil-Mobil dalam Film 'Mad Max: Fury Road' akan Dilelang
ShowBiz
Mobil-Mobil dalam Film 'Mad Max: Fury Road' akan Dilelang

Sejumlah kendaraan ikonik dari film paska-apokaliptik garapan George Miller itu akan diperebutkan pada 25 dan 26 September 2021.

5 Situs Legal Unduhan Musik Gratis
ShowBiz
5 Situs Legal Unduhan Musik Gratis

Jangan sampai menjadi pembajak.

Sutradara Film 'John Wick' Garap 'Ghost of Tsushima'
ShowBiz
Sutradara Film 'John Wick' Garap 'Ghost of Tsushima'

Menceritakan perjalanan seorang samurai untuk membasmi kejahatan.

Jadi Juara di Battle of Gods, Rafi: Kita Sama dengan yang Lain
Fun
Jadi Juara di Battle of Gods, Rafi: Kita Sama dengan yang Lain

Muhammad Rafi Sandi keluar sebagai pemenang dalam kompetisi Battle of Gods yang diselenggarakan Dewa United Esports.

'F9', Masalah Keluarga yang Belum Selesai
ShowBiz
'F9', Masalah Keluarga yang Belum Selesai

F9 akan menghadirkan masa lalu dari karakter utama seri Fast and Furious.