Mengapa Masih ada Asbak di Dalam Pesawat Asbak masih ada di dalam pesawat. (Foto: pinteresT)

SEMUA penerbangan di seluruh dunia sudah bebas dari asap rokok. Namun kalau kita perhatikan masih ada asbak pada sandaran tangan. Bahkan di toilet pesawat masih ada asbaknya. Mengapa masih ada disitu?

Sejak tahun 2000 semua penerbangan internasional dan domestik sudah tidak memperbolehkan merokok di dalam kabin pesawat. Bahkan orang yang berani merokok diganjar dengan hukuman berat.

Kehadiran asbak di dalam pesawat bukan dimaksudkan memperbolehkan penumpang untuk merokok. Namun menjaga keselamatan penerbangan itu sendiri.

Masih saja ada penumpang yang berusaha merokok. Untuk bara rokok dibutuhkan asbak, sangat berbahaya bila dimasukan atau dimatikan pada keranjang sampah di pantry pesawat.

Pernah di tahun 2009, Federal Aviation Administration (FAA) menggrounded pesawat British Airways di Meksiko karena sama sekali tidak menyediakan satupun asbak.

Secara logika British Airways tak perlu berpayah-payah menyediakan asbak karena adanya larangan merokok di dalam pesawat. Namun FAA melihat asbak masih dibutuhkan dalam kondisi tertentu. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH