Mengapa Harga BTC Terus Berubah? Bitcoin memanfaatkan perangkat lunak berbentuk Open Source. (Foto: Pexels/Worldspectrum)

NAMA Bitcoin atau BTC kini sudah tidak asing lagi dalam dunia keuangan. Dari hari ke hari menunjukan adanya hasil keuntungan yang banyak. Ini yang kemudian membuat orang tertarik untuk memulai investasi pada cryptocurrency ini.

Bitcoin kini dianggap sebagai instrumen investasi yang sangat potensial dalam memaksimalkan keuntungan. Lalu sebenarnya 1 BTC berapa rupiah dan benarkan bisa mendatangkan keuntungan?

Baca Juga:

CEO Twitter Berharap Bitcoin Bisa Ciptakan Perdamaian Dunia

uang
Bitcoin (BTC) bisa dimanfaatkan untuk menyimpan nilai maupun dikirim dengan bebas. (Foto: Unsplash/Executium)

Bitcoin adalah mata uang digital yang didistribusikan secara elektronik tetapi tidak dikendalikan pemerintah. Bitcoin dioperasikan oleh komputer di dunia dan membentuk jaringan keuangan yang terdesentralisasi. Bitcoin bisa dimanfaatkan untuk menyimpan nilai maupun dikirim dengan bebas.

Dalam penggunaannya, Bitcoin memanfaatkan perangkat lunak berbentuk Open Source. Artinya, semua orang bisa menjalankan server Bitcoin dan berpartisipasi agar menjadi bagian dari jaringan. Berbeda dengan uang pemerintah, Bitcoin memiliki persediaan yang terbatas.

Menurut sejarah, di dunia hanya terdapat 21 juta Bitcoin saja. Ini yang kemudian membuat Bitcoin unik. Karena Bitcoin adalah aset digital langka pertama yang memiliki stok yang tidak dapat ditambah atau dicetak seperti uang.

Investasi pada Bitcoin

Bitcoin sangat berharga sebab dalam transaksinya tidak membutuhkan perantara. Selain itu, Bitcoin juga tahan sensor sehingga tidak ada seseorang yang dapat menghentikan transaksi ini. Setiap transaksi akan tercatat secara terbuka, dengan begitu setiap orang bisa memvalidasi transaksi tersebut.

Harga Bitcoin memang terus naik sejak awal kemunculannya. Siapapun bisa membeli sebagian kecil Bitcoin atau dikenal dengan sebutan satoshi. Tercatat USD 1 (sekitar Rp14.539) saat ini sama dengan 0,00008447 BTC. Jika dirupiahkan, saat ini 1 BTC adalah Rp439.440.000.

Penawaran dan permintaan berpengaruh terhadap harga Bitcoin. Meskipun stok Bitcoin terbatas, namun permintaan terus meningkat. Hal inilah yang membuat harga Bitcoin meningkat dari tahun ke tahun. Setiap hari terjadi transaksi jual beli Bitcoin dari dari seluruh dunia.

Melalui pertukaran kripto terjadi penawaran harga Bitcoin. Hal ini membuat volatilitas harga Bitcoin sebab pasar Bitcoin berjalan setiap hari tanpa henti. Faktor lain yang berpengaruh terhadap harga Bitcoin yaitu kelangkaan Bitcoin. Kemudian ini yang menyebabkan orang-orang bersedia untuk membayar lebih demi memperoleh Bitcoin.

Baca Juga:

Bitcoin Didapat dari Menambang, Apa itu?

uang
Untuk di Indonesia, Bitcoin telah diakui oleh BAPPEBTI dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. (Foto: Pexels/David McBee)

Keamanan

Banyak orang yang bertanya apakah sudah terlambat untuk membeli Bitcoin, jawabannya tentu saja belum. Meskipun harga Bitcoin terus meningkat, namun setiap orang dapat membeli sebagian kecil dari Bitcoin. Dalam hal ini dikenal dengan sebutan satoshi. Yang saat ini terkonversi 1 Bitcoin berarti adalah 100 juta satoshi. Tercatat pada 10 tahun yang lalu, USD 1 yaitu sebesar 113.146,771 sats. Namun sekarang USD 1 sama dengan 3335,186 sats. Angka ini akan terus berubah setiap saat, mengingat pasar Bitcoin berjalan 24/7 tanpa henti.

Perlu diketahui bahwa Bitcoin legal di sebagian besar negara. Untuk di Indonesia, Bitcoin telah diakui oleh BAPPEBTI dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Hanya saja Bitcoin bukan merupakan alat pembayaran resmi. Karena alat pembayaran resmi yang diakui di Indonesia adalah mata uang Rupiah.

Investasi Bitcoin sangat aman dilakukan. Namun dikarenakan transaksi Bitcoin tidak dapat diubah. Ini berarti investor wajib bertanggungjawab atas kepemilikan Bitcoin masing-masing. Bitcoin menjadi investasi terbaik ketika investor ingin membedakan jenis investasi. Sebab Bitcoin bersifat terbatas, aman, terdesentralisasi dan tahan sensor.

Setelah mengetahui 1 BTC nilai konversi ke dalam rupiah dan keamanan dari Bitcoin. Tentunya semakin banyak yang akan berinvestasi pada mata uang ini. Banyak cara untuk membeli Bitcoin, salah satunya adalah melalui pertukaran kripto. (psr)

Baca Juga:

Minat Investasi Bitcoin di Indonesia Meningkat

Penulis : P Suryo R P Suryo R
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Film 'Nanny' Raih Penghargaan di Festival Film Sundance 2022
ShowBiz
Film 'Nanny' Raih Penghargaan di Festival Film Sundance 2022

Film Nanny disutradarai oleh Nikyatu Jusu.

Dior Tunjuk Kylian Mbappe Jadi Global Ambassador
ShowBiz
Dior Tunjuk Kylian Mbappe Jadi Global Ambassador

Bakal muncul memamerkan Sauvage Fragrance dan men’s collection.

Aktif Bergerak di Masa Kecil, Rasakan Manfaatnya ketika Dewasa
Hiburan & Gaya Hidup
Aktif Bergerak di Masa Kecil, Rasakan Manfaatnya ketika Dewasa

Hal terkuat yang bisa memprediksi kesejahteraan di masa tua, yaitu keaktifan seseorang ketika masih duduk di bangku sekolah.

Teaser ‘Fortnite’ Chapter 3 Bocor, Skin Spider-Man Terungkap
Fun
Teaser ‘Fortnite’ Chapter 3 Bocor, Skin Spider-Man Terungkap

Mengungkap lokasi baru, mekanik, dan efek cuaca.

Levi's x The Simpsons bagi Kamu yang Ingin Bernostalgia
Fashion
Levi's x The Simpsons bagi Kamu yang Ingin Bernostalgia

Kisah The Simpsons cukup berbekas karena menjadi cerita keluarga komedi yang selalu menghibur selama lebih dari tiga perode.

Mengurai Kekusutan Rambut Keriting
Fun
Mengurai Kekusutan Rambut Keriting

Rambut keriting membuat kusut pemiliknya.

Saatnya Warga +62 JUALAIN
Hiburan & Gaya Hidup
Saatnya Warga +62 JUALAIN

JUALAIN BIAR MAKIN LAKU!

Game 'Battlefield' Terbaru akan Kembali Menghadirkan Mode Single Player
Fun
Game 'Battlefield' Terbaru akan Kembali Menghadirkan Mode Single Player

Mode campaign atau single player terakhir ada di Battlefield V.

Ketahui Suhu Ideal untuk Tidur
Fun
Ketahui Suhu Ideal untuk Tidur

Ada banyak penelitian mengenai peran besar suhu pada kualitas, kuantitas, dan kebiasaan tidur.

Logoman Bertabur Berlian di Jersey NBA
Fashion
Logoman Bertabur Berlian di Jersey NBA

Jersey NBA menjadi salah satu merchandise terlaris dan terpopuler di franchise NBA.