Mengapa Acetone Tidak Baik untuk Kuku? Lebih baik mengurangi menggunakan penghapus cat kuku yang mengandung acetone. (Foto: thelist.com)

KAMU yang sering mengecat kuku pasti sudah terbiasa menghapus kutek tersebut dengan nail polish remover yang mengandung acetone. Akan ada sensasi dingin yang kamu rasakan saat mengenai kuku. Namun, nail polish remover yang mengandung acetone ternyata tidak baik untuk kukumu.

Menghapus kutek dengan menggunakan nail polish remover yang mengandung acetone telah menjadi perdebatan sejak lama. Untuk menghapus cat kuku memang membutuhkan penglarut (solvent) dan salah satunya adalah acetone. Namun, banyak yang mengatakan acetone tidak baik untuk kesehatan kukumu.

Baca juga:

3 Hal ini yang Bisa Buat Diet Berhasil

Jagalah kesehatan kukumu dengan mengurangi menggunakan penghapus cat kuku. (Foto: freepik.com/Racool Studio)
Jagalah kesehatan kukumu dengan mengurangi menggunakan penghapus cat kuku. (Foto: freepik.com/Racool Studio)

Acetone yang mengandung solvent dapat merusak kukumu karena menghapus minyak alami yang terdapat di kulitmu. Jika minyak alami yang terdapat di kulit yang dekat kuku hilang, akan membuat kukumu kering. Saat kukumu kering yang akan terjadi adalah menjadi rapuh, terbelah, mengelupas, dan pecah-pecah.

Selain kukumu yang menjadi kering, menggunakan acetone terlalu sering dapat merusak kutikula kukumu. Padahal kutikula adalah pelindung alami kuku dan yang membantu pertumbuhan kuku agar terlihat indah serta sehat. Menurut alodokter.com, kutikula juga membantu menghalangi bakteri berbahaya masuk ke dalam matriks kuku, yaitu akar dari kuku.

Baca juga:

Perlukah Menggunakan Face Shield?

"Acetone memiliki dampak yang besar bagi kutikula. Saat terkena acetone kutikula akan lebih cepat kering," kata spesialis kuku Dana Stern yang dikutip dari thelist.com.

Kurangilah menggunakan cat kuku karena kamu akan sering menghapusnya juga. (Foto: unsplash.com/Element5 Digital)
Kurangilah menggunakan cat kuku karena kamu akan sering menghapusnya juga. (Foto: unsplash.com/Element5 Digital)

Sekarang ini telah ada produk penghapus kutek yang tidak mengandung acetone. Mereka memberi label produk tersebut lebih natural. Namun, tidak berarti tidak mengandung solvent. Bagian berbahaya dari penghapus kutek adalah solvent. Perbedaannya adalah acetone memiliki kandungan solvent yang kuat, sedangkan yang natural hanya sedikit mengadung solvent.

Penghapus kutek natural juga menambahkan zat pelembab seperti gliserin, panthenol dan kedelai untuk meminimalkan efek pengeringan. Namun, jenis ini tidak menghapus kutek dengan cepat dan membutuhkan waktu untuk menggosoknya lebih lama. Selain itu, produk natural sebaiknya tidak digunakan untuk menghapus kutek berwarna gelap. Karena walaupun solventnya tidak kuat, jika digunakan lebih lama artinya sama saja seperti acetone. (May)

Baca juga:

Pecinta Daging Merah Wajib Tahu Nih


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH