Selebrita

Mengalahkan Michael Jordan, Bagaimana Tiger Woods Meraup Kekayaan $800 Juta?

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Jumat, 25 Januari 2019
Mengalahkan Michael Jordan, Bagaimana Tiger Woods Meraup Kekayaan $800 Juta?
Tiger Woods, atlet terkaya di dunia (Foto: Golf)

TAK ada yang perlu dipermasalahkan dan disengketakan dari kekayaan Tiger Wood. Keluarganya bisa tidur nyenyak tanpa harus berebut warisan karena harta yang dimiliki oleh Wood sepanjang karirnya sebagai seorang pegolf profesional tergolong fantastis. Selama tiga dekade ia menjadi andalan dalam olahraga golf.

Wood menjadi salah satu atlet legendaris dengan bayaran paling mahal sepanjang sejarah. Dengan pendapatan bersih $800 juta dia menjadi salah satu atlet terkaya sepanjang masa dan pegolf terkaya di dunia.

Penghasilan tersebut bahkan melampaui pebasket Michael Jordan. Bagaimana cara ia meraup keuntungan hingga $800 juta hanya dengan menjadi pemain golf? Berikut perjalanan sang legenda golf hingga menjadi atlet dengan bayaran tertinggi.

1. Anak ajaib

Woods Kecil
Bermain Golf Sejak Belia (Foto: Pinterest/Cristine OConnor)

Pria bernama lengkap Eldrick "Tiger" Woods tersebut memulai karirnya sejak umur yang masih sangat kecil. Sejak umur dua tahun ia telah memegang stik golf. Ayahnya yang seorang pemain golf amatir mengajarkan ia cara bermain golf. Ia memenangkan kejuaraan dunia junior saat berusia delapan tahun. Padahal, kategori usia kejuaraan dunia junior adalah sembilan sampai sepuluh tahun.

2. Pegolf muda yang menang terus

Woods Muda
Woods Muda Memikat Mata Dunia (Foto: Golf Digest)

Setelah tampil luar biasa di Kejuaraan Dunia Junior, Woods memenangkan kejuaraan tersebut enam kali. Termasuk empat kemenangan berturut-turut dari 1988 hingga 1991. Woods melanjutkan kemenangan beruntun sejak saat itu. Ia melampaui prestasi sang pelatih, ayahnya sendiri ketika berusia 11 tahun. Di sekolah menengah, Woods menjadi Juara Amatir Amerika Termuda yakni saat berusia 15 tahun. Selanjutnya ia berkompetisi di PGA Tour, Los Angeles Open. Kala itu ia dinobatkan sebagai Golf Digest Amateur Player of the Year, Golf World Player of the Year, dan Golfweek National Amateur of the Year. Tahun 1993 ia mengikuti pertandingan di U.S Junior Amateur Championship. Tahun 1994 ia menjadi pemenang termuda di U.S Junior Amateur Championship berturut-turut. Rekor tersebut terus ia pegang hingga 2008.

3. Atlet terkaya

Woods
Woods Menjadi Pegolf Profesional (Foto: The Japan Time)

Tahun 1996, Woods menjadi pemain golf profesional. Sejak saat itu, ia menghasilkan uang sebesar $1,5 miliar, kurs sekarang sekitar Rp21,1 triliun, yang meliputi biaya dukungan, penampilan, dan desain lapangan golf. Pada puncak karirnya di akhir tahun 2000an, Woods menghasilkan $100juta pertahun. Selama 11 tahun berturut-turut, Woods menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. Woods membangun kerajaannya sendiri dari golf.

4. Namanya dan brand terkenal

Woods Rolex
Menjadi brand ambassador Rolex (Foto: Rolex)

Woods tak hanya meraup kekayaan dari lapangan. Kemampuannya dalam golf membawa ia bertemu sejumlah merek mewah yang tertarik dengannya. Ia dipercaya menjadi brand ambassador sejumlah merek terkenal mulai dari Nike, Rolex, Monster Energy, Upper Deck, Bridgestone Golf, dan sponsor lainnya. Pada 2018, ia menghasilkan $43,3 juta (Rp610 miliar). Dari pendapatan tersebut, $42 juta (Rp592 miliar) berasal dari sponsor sementara $1,3 juta (Rp18 miliar) berasal dari lapangan.

5. Masa pensiun yang menyenangkan

Woods Pensiun
Woods Setelah Pensiun (Foto: PGA Tour)

Kini Woods telah pensiun. Kendati demikian, ia tetap mendapat tunjangan pensiun dari Program Pensiun PGA Tour. Program pensiun yang dimiliki PGA Tour disebut-sebut sebagai program terbaik dalam bidang olahraga dan sangat menguntungkan. Pendapatan tersebut berasal dari bonus Piala FedEx dan sistem bonus. Celebrity Net Worth melaporkan dana pensiunan Woods naik lebih dari $1 miliar (Rp14,1 triliun). Dengan kekayaan bersih $800 juta (Rp11,2 triliun) plus dana pensiunan yang menggiurkan, tidak sulit bagi kita menyebut Woods sebagai pegolf miliarder pertama di dunia. Uangnya akan terus mengalir meski ia tidak mencari uang hingga usia 65 tahun. (avia)

#Atlet Golf #Rolex
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan