Mengalahkan Meksiko dan Finlandia, Indonesia Dikontrak untuk Tuan Rumah MotoGP Satu Seri MotoGP 2021 akan diselenggarakan di Indonesia. (Foto independent.co.uk)

SIRKUIT Mandalika telah dikontrak oleh Dorna Sports--promotor, perusahaan media, marketing, dan manajemen olahraga eksklusif MotoGP--sebagai tuan rumah MotoGP 2021 selama tiga tahun.

Terletak di Lombok Tengah, KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika membutuhkan kurang lebih tiga dekade sampai akhirnya bisa diresmikan Presiden RI Jokowi, Oktober 2017 silam.

1. Valentino Rossi mengatakan lintasan di Meksiko sangat berbahaya untuk MotoGP

Mandalika Resmi jadi Tuan Rumah untuk Seri MotoGP
Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez yang terletak di Mexico City. (Foto: Periodico Sintesis)

Lintasan Autódromo Hermanos Rodríguez di Mexico City, sempat dijadikan pertimbangan bagi Dorna Sports untuk menjadi tuan rumah MotoGP tahun 2021.

Namun, akhirnya tender dimenangi Indonesia, tepatnya di Mandalika Circuit, Nusa Tenggara Barat. Hal itu amat mungkin disebabkan kualitas lintasan di Meksiko.

Kekecewaan Valentino Rossi ketika ditanya tentang kualitas Sirkuit Autódromo Hermanos Rodríguez juga mungkin menjadi pertimbangan mengapa Meksiko tidak ada dalam kalender MotoGP tahun 2019.

"Saya cukup putus asa," ungkap Rossi. Ia mengatakan bahwa masalah utama terletak pada lintasan yang sangat buruk. Rossi mengungkapkan dia tidak menyukainya, dan lintasan tersebut sangat berbahaya untuk digunakan sebagai arena MotoGP.

Rossi juga mengungkapkan bahwa Meksiko harus melakukan modifikasi beberapa bagian lintasan, meskipun sangat sulit. Menurutnya, mengadakan MotoGP di Meksiko untuk tahun depan bukanlah ide yang cemerlang, ketika diwawancarai pada Agustus 2018 silam. Padahal lintasan ini telah menjadi tuan rumah MotoGP pada 2015 dan 2018.

2. Kymi Ring sempat dipertimbangkan untuk menjadi tuan rumah MotoGP

Mandalika Resmi jadi Tuan Rumah untuk Seri MotoGP
Sirkuit di Finlandia, Kymi Ring. (Foto: Aaron Collins)

Kymi Ring memiliki lintasan sepanjang 4,8 km yang masuk dalam kalender MotoGP pada tahun 2019. Kontrak antara Kymi Ring dan Dorna pernah terjalin selama lima tahun, dan dikatakan bahwa Finlandia memiliki reputasi yang baik untuk event besar internasional.

Namun pada akhirnya Meksiko dan Finlandia tidak masuk dalam kalender MotoGP di tahun 2019 ini.

3. Sirkuit Mandalika, NTB resmi menjadi tuan rumah MotoGP

Mandalika Resmi jadi Tuan Rumah untuk Seri MotoGP
Sirkuit MotoGP di Mandalika. (Foto merahputih.com)

Pembangunan sirkuit Mandalika akan dibangun oleh anak perusahaan Vinci Construction Grands Projets (VCGP), konstruksi internasional asal Prancis, yaitu Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Presiden direktur dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdubar M. Mansoer mengatakan bahwa mereka akan memulai konstruksi pada Oktober 2019 dengan biaya 4,54 triliun sampai tujuh tahun ke depan. "Tetapi yang kita belanjakan Rp. 3,6 triliun akan habis terserap dalam tiga tahun," ungkap Direktur Konstruksi dan Operasional ITDC, Ngurah WIrawan.

Diperkirakan akan ada 300.000 pengunjung yang berkunjung ke Mandalika pada saat MotoGP diselenggarakan 2021 mendatang. (shn)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH