Mengakali Indera Perasa Biar Rasa Kantuk Aing Hilang

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 14 Desember 2021
Mengakali Indera Perasa Biar Rasa Kantuk Aing Hilang
Memanfaatkan indera perasa untuk mencegah rasa kantuk. (Foto: Unsplash/Fernando Andrade)

BEGADANG adalah istilah bagi orang-orang yang harus menunda tidurnya untuk menyelesaikan pekerjaan. Mahasiswa terutama sering sekali melakukan hal ini untuk menyelesaikan tugas ataupun skripsi. Demi menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, mereka biasanya rela melakukan segala cara untuk menahan rasa kantuk selama begadang. Dari cara-cara yang sehat hingga yang tidak sehat, semua dilakukan hingga menemukan cara yang paling ampuh.

Untuk menghilangkan kantuk intinya ialah mengakali indera perasa. Cara yang paling umum dan diketahui oleh setiap orang untuk tetap terjaga adalah dengan mengonsumsi kafein. Kafein adalah obat yang merangsang sistem saraf pusat. Misalnya dalam bentuk kopi, cokelat, teh, minuman energi, dan soda seperti cola. Namun, mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan mual, pusing, dehidrasi, sakit kepala, gelisah, detak jantung yang cepat, insomnia, dan kecemasan.

Baca Juga:

Pintar-Pintar saat Belanja Akhir Tahun

Cokelat hitam adalah pengganti kafein yang lebih baik daripada kopi. (Foto: Unsplash/Charisse Kenion)

Selain kafein, kamu juga bisa memanfaatkan indera perasa dan beberapa jenis makanan lain untuk membuatmu tetap terjaga. Misalnya dengan mengonsumsi makanan yang pahit seperti cokelat hitam. Cokelat hitam juga bisa meningkatkan kinerja otak, mengandung kafein dan juga anti penuaan. Selain itu, cokelat juga bisa jadi alternatif kafein yang lebih sehat dan aman untuk lambung dibandingkan dengan kopi.

Kalau kamu tidak menyukai rasa pahit atau cokelat hitam, kamu bisa memanfaatkan sensasi dingin dari makan ataupun minuman untuk membuat dirimu tetap merasa segar dan terbangun. Misalnya dengan mengonsumsi es krim atau minuman dingin. Bagi beberapa orang rasa manis yang dihasilkan dari makan dan minuman tersebut dapat membuat mereka menjadi lebih mengantuk, sehingga mengemut es batu bisa menjadi alternatif lain yang tidak akan membuatmu merasa kenyang ataupun kembung.



Saus sambal yang pedas bisa mengaktifkan kesadaranmu. (Foto: Unsplash/@Addilyn Ragsdill Tastydivine)

Beberapa orang biasanya merasa bahwa mengonsumsi camilan atau dengan terus mengunyah makanan bisa membuat mereka tetap terjaga. Namun, sebagian orang lainnya mengakui bahwa setelah mengonsumsi makanan mereka biasanya malah mengalami rasa kantuk yang berlebih. Alhasil, mereka memilih untuk tidak makan hingga pekerjaan mereka selesai menjadi pilihan yang paling sering dipilih. Tentu hal ini bukan pilihan yang sehat dan bahkan bisa menyebabkan maag ataupun penyakit lainnya. Tidak jarang mereka lebih memilih minum air hingga kembung untuk mencegah rasa kenyang yang menyebabkan ngantuk.

Baca Juga:

Mengapa Siasat Jahat Saat Ujian Tak Perlu Dilakukan

Cara nyeleneh lain yang biasanya sering dilakukan adalah memanfaatkan sensasi rasa pedas. Bisa saja dengan makanan favoritmu seperti seblak atau makanan pedas lainnya. Tetapi agar tidak terlalu banyak makan dan menjadi kenyang biasanya mereka menyiapkan cocolan sambal yang pedas. Hal ini dilakukan agar sensasi pedas nyelekit dari sambal menjaga mereka untuk tetap terjaga. Cara ini cukup berhasil dan banyak dilakukan terutama bagi mereka yang memang menyukai rasa pedas sebagai mood booster.

Makanan asam bisa menjaga kesadaranmu dan memberikan vitamin yang baik bagi tubuh. (Foto: Unsplash/Engin Akyurt)

Jika kamu ingin menggunakan cara yang lebih sehat, kamu bisa memanfaatkan rasa asam dari buah-buahan. Misalnya dengan membuat jus dari buah-buah beri yang diketahui memiliki rasa asam yang tajam dan kaya akan vitamin C atau dengan menjadikannya camilan. Selain sehat dan bergizi, rasa asam dari buah-buahan akan membuatmu merasa segar kembali. Kamu juga bisa membuat seduhan air lemon atau jeruk nipis panas dan dingin sesuai dengan keinginanmu.

Tomat bisa jadi pilihan bagi kamu yang tidak menyukai rasa asam terlalu kuat. Tomat juga kaya akan tiramin, yang memicu otak untuk melepaskan zat kimia norepinefrin. Hal ini dapat meningkatkan aktivitas otak dan menghambatmu untuk tidur. (tel)

Baca Juga:

Mengakali Sepatu Kanvasmu Menjadi Lebih Eksentrik

#Desember Akal-Akalan Negeri Aing
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan