Mengakali Bekal Sekolah Anak Agar Terlihat Menarik dan Tetap Sehat Bekal sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan si kecil (Foto: instagram @shuichiiida)

MESKI membuat bekal untuk si kecil membutuhkan banyak waktu dan tenaga, namun banyak manfaat yang bisa didapatkan dari memberikan bekal untuk si kecil. Terlebih lagi bahaya jajanan yang saat ini mengandung banyak kimia yang berbahaya bagi si kecil dan meresahkan para orang tua.

Baca juga:

Bekal Sehat ke Sekolah Jaga Tumbuh Kembang Anak

Jika kamu bisa menyempatkan waktu, usahakan membuat bekal untuk si kecil. Agar si kecil tertarik dengan bekal yang kamu buat, berikut tips agar bekal yang kamu buat menarik dan tetap mengandung gizi yang sehat bagi si kecil.

1. Variasikan menu dengan warna-warna menarik

Mengakali Bekal Sekolah Anak Agar Terlihat Menarik dan Tetap Sehat
Variasikan warna dalam bekal membuat si kecil tertarik (Foto: instagram @jariq_id)

Anak-anak biasanya sangat suka melihat sesuatu yang berwarna-warni khususnya warna-warna yang cerah. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan membuat bekal si kecil dengan makanan yang berwarna cerah dan mengkombinasikan menu yang memiliki banyak warna.

Baca juga:

Siapkan Bekal si Kecil saat Kembali ke Sekolah, Orangtua Wajib Tahu Aturannya

Selain itu, dengan banyaknya variasi menu dalam bekal sekolah si kecil, gizi yang ia dapatkan pun lebih lengkap dan penuh nutrisi.

2. Porsi tidak perlu terlalu banyak

Mengakali Bekal Sekolah Anak Agar Terlihat Menarik dan Tetap Sehat
Porsi tidak perlu banyak asal gizinya cukup (Foto: instagram @mariazhiematupang)

Asalkan variasi menu dan gizi yang didapatkan si kecil dari bekal cukup, porsi makanan yang ditaruh tidak perlu terlalu banyak.

Selain mengurangi kemungkinan adanya sisa bekal yang tidak termakan, dengan porsi makan yang cukup si kecil dapat menghabiskan bekalnya lebih cepat dan menggunakan sisa waktu istirahatnya untuk bermain bersama teman-temannya.

3. Bentuk makanan dengan desain yang unik

Mengakali Bekal Sekolah Anak Agar Terlihat Menarik dan Tetap Sehat
Bentuk makanan unik membuat makanan menarik (Foto: instagram @kreasimasakanenak)

Selain menggunakan variasi warna dalam bekal si kecil, sahabat MerahPutih juga dapat membuat bekal lebih menarik dengan mendesain makanan dengan bentuk-bentuk unik.

Baca juga:

Bekal ke Sekolah Menjamin Kecukupan Gizi Anak

Contoh desain unik yang bisa kamu coba yaitu membentuk gurita menggunakan sosis, memotong apel dengan bentuk kelinci, atau menggunakan cetakan untuk membuat bentuk makananmu menjadi unik.

4. Sembunyikan sayur dalam bentuk lain

Mengakali Bekal Sekolah Anak Agar Terlihat Menarik dan Tetap Sehat
Sembunyikan sayur dalam bentuk lain agar tidak dibuang (Foto: instagram @diniaminanda)

Si kecil biasanya langsung menyingkirkan sayur tanpa mencicipinya dahulu. Padahal mungkin kamu sudah berusaha memasak sayuran dengan rasa yang kecil suka.

Untuk menghindari adanya sayuran yang terbuang, kamu bisa berinovasi dengan membuat menu yang tidak terlihat seperti sayuran.

Baca juga:

Membawa Bekal ke Sekolah Bikin Anak lebih Fokus Belajar

Kamu bisa membuat nugget dengan menggabungkan daging dengan sayur, membuat omelet dengan isi sayuran yang sudah diiris tipis, membuat siomay sayuran dan masih banyak lagi.

5. Buat bekal sepraktis mungkin

Mengakali Bekal Sekolah Anak Agar Terlihat Menarik dan Tetap Sehat
Semakin praktis bekal, semakin cepat ia dapat melakukan aktivitas lain (Foto: instagram @ibu_bara)

Waktu istirahat yang diberikan oleh sekolah terkadang terasa singkat bagi si kecil. Padahal mungkin si kecil ingin menghabiskan waktu istirahatnya bersama teman.

Oleh karena itu usahakan beri bekal yang praktis untuk si kecil. Jangan taruh menu-menu yang seperti ayam dengan tulang karena akan membuat si kecil kesulitan saat menghabiskan bekalnya. (sep)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH