Menghabiskan Minggu Terakhir Ramadan di Selandia Baru Sangat Seru dengan Aktivitas Ini Serunya menghabisakan minggu terakhir ramadan di Selandia Baru (Foto: homeaway)

MINGGU ini memasuki minggu terakhir bulan ramadan. Artinya ibadah puasa akan berakhir. Antusiasme menyambut ramadan berubah untuk menyambut hari raya idul fitri. Momen ini paling ditunggu seluruh umat muslim Indonesia dan di belahan dunia lainnya.

Untuk menyambut idul fitri tentunya harus melakukan persiapan. Begitu pula umat muslim Indonesia yang berada di mancanegara. Seperti di Selandia baru misalnya. Nah bagi umat muslim Indonesia yang berada di Selandia baru ada aktivitas menarik yang dapat dilakukan untuk menikmati hari-hari terakhir ramadan di negara benua Oseania itu.

Tourism New Zealand menginformasikan aktivitas yang bisa kamu lakukan.

1. Tetap cari tahu waktu sahur dan berbuka puasa

(Foto: newzealand)

Durasi puasa di Selandia Baru satu jam lebih pendek dari Indonesia pada tahun ini. Pasalnya musim dingin semakin dekat. Sehingga matahari terbenam lebih awal. Durasi puasa jadi 11-12 jam. Setiap kota di sana juga memiliki waktu sahur yang berbeda. Namun, umumnya berlangsung sekitar pukul 5.45-6.55. Waktu berbuka pukul 16.55 – 17.15. Nah untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai waktu salat di Selandia baru kamu bisa mengakses link ini http://fianz.co.nz/

2. Simpan energi dan nikmati aktivitas lebih santai

Menikmati pemandangan di atas ketinggian balon udara (Foto: newzealand)

Selandia Baru menyuguhkan beragam pengalaman tak terlupakan tapi tidak menghabiskan energi. Contohnya kamu bisa naik balon udara di Canterbury atau Queenstown. Naik balon udara akan lebih asyik jika dilakukan di pagi hari. Jadi setelah sahur jangan tidur lagi deh. Nikmati pemandangan kota di Selandia Baru dari ketinggian.

Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Glowworms Caves. Tempat itu adalah sebuah gua yang memiliki jutaan cacing bercahaya. Suhu di sana juga stabil 12-14 derajat celsius sepanjang tahun. Kamu tidak akan berkeringat jadinya, tapi pakai pakaian hangat ya supaya gak menggigil.

Lalu, kamu bisa berlayar dengan pemandangan indah di sepanjang Milford Sound. Sambil menyaksikan matahari terbenam menjelajahi Milford Sound dan Laut Tasman sungguh mengasyikan. Tidak perlu berjalan kaki, cukup duduk dan nikmati pemandangan indah dari puncak yang menjulang, air terjun yang mengalir, dan satwa liar yang unik. Ngabuburit kamu jadi kece banget deh.

3. Cari tempat makan halal untuk berbuka

KL Aroma Restaurant (Foto: tripavisor)

Banyak banget lo cari tempat makan halal di Selandia baru. Dengan adanya Panduan Makanan Halal dari Tourism New Zealand cari tempat makan halal sangat mudah. Wisatawan juga dapat menggunakan panduan ini untuk mencari supermarket dan gerai takeaway yang bersertifikasi halal. Terdapat total 567 restoran, kafe, toko, dan gerai yang terdaftar dalam panduan ini.

Beberapa rekomendasi pilihan tempat makanan yang halal di Selandia Baru termasuk Bawarchi Indian Restaurant (Central Auckland), Garudas Food Truck (Wellington), The Herb Center Café (Christchurch), dan KL Aroma Restaurant(Dunedin). Panduan Makanan Halal dapat diunduh pada situs Tourism New Zaeland di https://www.newzealand.com/int/feature/halal-guide-for-new-zealand/.

4. Maksimalkan ibadah di masjid Kilbirnie

Masjid Kilibirnie (Foto: pinterest)

Kamu boleh bersenang-senang. Tapi jangan pernah lewatkan ibadah yang selalu menjadi hal utama. Kamu bisa beribadah di masjid-masjid terkenal di Selandia Baru. Ada satu masjid ternama di Selandia Baru bernama Masjid Kilbirnie di Wellington. Masjidnya sangat luas dan desain eksteriornya sangat indah. Dijamin kamu akan sangat khusyuk menjalankan ibadah salat tarawih dan lainnya di masjid ini. (ikh)

Baca juga artikel menarik lainnya di sini Cara Berlibur ala Keluarga Kerajaan Inggris di Selandia Baru

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH