Mengabadikan Momen Cantik di Destinasi Wisata Danau Batu Bacan Danau Batu Bacan, Bojong Sukabumi. (Foto: instagram@sukabumi_)

DANAU Batu Bacan, begitulah sebutan destinasi wisata yang terletak di Bojong, Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat ini. Meski namanya sama seperti salah satu jenis batu akik, tapi kamu jangan berharap bisa menemukannya di sini. Karena penamaan ini tak ada hubungannya dengan batu akik.

Objek wisata Batu Bacan yang tergolong sangat unik, membuatnya tak pernah sepi pengunjung. Setiap waktu, baik di akhir pekan mau pun di awal pekan, masyarakat sering datang ke sini guna melepas suntuk sembari mengabadikan pemandangan indah air hijau danau Batu Bacan.

1. Air hijau danau mempercantik indahnya pemandangan di Batu Bacan

danau bacan sukabumi
Danau Batu Bacan yang merupakan sisa galin tambang. (Foto: instagram@indahsopana)

Danau Batu Bacan merupakan danau buatan sisa galian tambang. Sama halnya dengan danau sisa galian lainnya, danau ini juga memiliki air yang berwarna. Warnanya hijau. Warna ini hadir karena bebatuan di dalam danau berwarna hijau, yang kemudian terkena pantulan sinar matahari.

Yang tak kalah uniknya, air di danau ini bukanlah hasil dari mata air atau aliran sungai. Air di sini murni dari hujan semata. Hal inilah yang membuat wisata ini baru muncul, karena beberapa tahun yang lalu tempat ini masih kering air. Sama dengan wisata baru lainnya, destinasi ini terkenal berkat peran media sosial.

2. Rute menuju Batu Bacan

Jalan terjal menuju Danau Batu Bacan. (Instagram/@febysilvia)
Jalan terjal menuju Danau Batu Bacan. (Foto: instagram@febysilvia)

Jika kamu dari Jakarta, langsung saja melaju melewati tol JORR, kemudian keluar di Ciawi. Dari Ciawi, lurus saja hingga sampai ke Cibadak. Setelah kamu melewati Pasar Cibadak, kamu bisa belok kanan dan mengambil jalan ke arah Pelabuhan Ratu. Kamu bisa lurus terus hingga menemukan Jembatan Desa Bojong. Ikuti jalan ini, hingga menemukan spanduk Danau Bacan atau Danau Hijau.

Setelah sampai, parkirkan kendaraan anda pada lahan yang telah disediakan. Tarif parkir untuk kendaraan roda dua, Rp 2.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat, Rp 5.000. Jika sudah, saatnya menikmati keindahan alam Danau Batu Akik dan berfoto ria di spot-spot cantik.

3. Tips berwisata ke Danau Batu Bacan

Danau Batu Bacan. (Instagram/@sukabumi_)
Persiapkanlah keperluan pribadi jika mengujungi destinasi wisata ini. (Foto: instagram@sukabumi_)

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat obyek wisata Danau Batu Bacan, kamu perlu mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan. Serta beberapa barang tambahan seperti kamera, karena kamu pasti ingin mengabadikan momen bersama keluarga ataupun teman-teman di tempat cantik ini.

Selain itu, jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tisu basah, sampo, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraanmu supaya suasana liburan berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri dan selalu berhati-hati.

4. Fasilitas yang bisa dinikmati di Danau Batu Bacan

Seorang gadis selfir di Danau Batu Bacan. (Instagram/@diniarabbani)
Danau Batu Bacan sudah melengkapi diri dengan fasilitas umum. (Foto: instagram@diniarabbani)

Bagi kamu yang ingin berwisata ke sini jangan terlalu khawatir dengan fasilitas. Sudah banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan di sini. Berikut fasilitas yang ada di Danau Batu Bacan:

- Area parkir kendaraan

- Mushola

- Kamar mandi atau MCK

- Penginapan

(zaim)

Baca Juga: Destinasi Wajib Didatangi Kalau ke Geopark Ciletuh

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH