Menerapkan Growth Mindset di Tahun Baru Demi Meningkatkan Kualitas Diri

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 27 Desember 2022
Menerapkan Growth Mindset di Tahun Baru Demi Meningkatkan Kualitas Diri
Tingkatkan kualitas diri di tahun yang baru. (Foto: Pixabay/RAEng_Publications)

SELAMA ini kamu sering mendengar berbagai kritik dari banyak orang terhadap gerak-gerik maupun keputusan yang kamu ambil dalam hidup. Entah itu dari orang tua, saudara, atau teman dekat, tanpa sadar ada banyak kritikan tajam yang membuat dirimu mundur selangkah demi selangkah dalam menggapai cita-cita.

Menerima kritik dari banyak orang memang dapat mengasah kemampuan diri untuk bisa lebih bermental baja dan mendobrak potensi yang terpendam di dalam diri sendiri. Tapi menurut laman Entrepreneur, menelan terlalu banyak kritik justru berisiko membuatmu meragukan kemampuan diri sendiri. Lama-lama kamu akan berpikir bahwa kamu memang tidak layak dan pantas untuk bermimpi setinggi langit. Bahaya, mindset kamu bisa terganggu.

Baca Juga:

Stop 'Balapan' dengan Orang Lain

Tenang saja, untuk menyambut tahun baru dengan strategi yang lebih jitu, kamu hanya perlu mengikuti kiat-kiat di bawah ini agar mindset kamu lebih terbentuk.

1. Kualitas di atas kuantitas

Jika selama ini kamu selalu berusaha memenuhi semua keinginan dari orang-orang sekitar dan tidak berani mengatakan “tidak”, sudah saatnya di tahun yang baru ini kamu lebih memprioritaskan diri sendiri.

Kebiasaan baru yang positif dapat membawa pengaruh baik dalam hidup. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Kamu bisa mulai dari memperkecil circle pertemanan dengan meninggalkan mereka yang selama ini bersikap toksik terhadap dirimu. Lalu pertahankan sosok yang memang selalu ada untuk mendukungmu di setiap kesempatan.

Di 2023, sebaiknya kamu tidak mengambil semua pekerjaan atau menerima segala undangan secara mentah-mentah. Cukup ambil pekerjaan yang memang sudah menjadi kewajibanmu dan kerjakan secara maksimal. Selain itu, kamu juga berhak kok menolak beberapa undangan teman entah itu undangan pesta atau sekadar undangan makan siang bersama jika memang hatimu tak berminat untuk datang.

2. Ciptakan kebiasaan positif

Gebrakan baru yang fresh di tahun baru tentu saja membutuhkan kebiasaan baru jauh lebih positif. Jika selama ini hari-harimu selalu dimulai dengan kegiatan monoton seperti bangun tidur, sarapan, dan langsung berangkat kerja, segera ubah. Tambahkan kebiasaan sehat dengan menyelipkan kegiatan lari pagi atau olahraga sebentar sebelum mandi agar tubuh terasa lebih segar dan kerja otak meningkat.

Kebiasaan baru yang positif untuk dilakukan di kantor bisa dimulai dengan menulis jurnal dan list pekerjaan. Tentu saja tujuannya agar tidak ada tugas yang tertunda, sehingga kamu bisa pulang cepat setiap hari dan melakukan kegiatan lain untuk menyegarkan pikiran setelah seharian bekerja.

Baca Juga:

Alasan Anak Perempuan Lebih Dekat dengan Ayah

3. Optimistis

Dulu kamu ragu-ragu untuk mengambil kesempatan? Di tahun yang baru ini kamu dilarang untuk bersikap pesimis. Terapkan mindset positif bahwa kamu mampu dan bisa mengambil risiko demi meningkatkan kualitas hidup dari segala aspek.

Jangan malu untuk berjuang dari bawah. (Foto: Pixabay/geralt)

4. Fokus pada anak tangga

Jika selama ini kamu hanya fokus pada mimpi-mimpi besar, kali ini cobalah untuk fokus pada anak tangga paling bawah terlebih dahulu. Ketahuilah bahwa kamu tidak akan bisa mencapai mimpi yang paling tinggi jika tidak dimulai dari mimpi-mimpi kecil. Untuk mencapai sesuatu yang besar, kamu harus mau berjuang dari bawah terlebih dahulu. (mar)

Baca Juga:

Punya Pola Pikir Berkembang Baik untuk Kesuksesan

#Lipsus Desember Kesehatan Mental #Karier #Kesehatan #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan