Menengok Sejarah dan Kebangkitan Hip-hop Indonesia di Hari Musik Nasional Perjalanan dan perkembangan musik hip-hop Indonesia (Foto: vividseat.com)

LAYAKNYA dangdut untuk orang Indonesia, musik hip-hop sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan bagi sebagian besar orang Amerika. Bisa dikatakan demikian sebagaimana genre tersebut lahir dan besar di sana. Hingga hari ini di Amerika, tak bisa dipungkiri uang berputar paling banyak di genre musik hip-hop.

Di Indonesia? Sampai beberapa tahun terakhir, keberadaan musik hip-hop masih terus ada di balik bayang-bayang genre musik yang lebih populer, redup namun tidak bisa dikatakan padam sepenuhnya.

Banyak musisi yang menyuarakan karya melalui genre musik atau kebudayaan yang diadopsi dari Amerika ini, namun pergerakan itu hanya terdengar “di bawah tanah” tidak sampai ke khalayak secara luas.

Era digital banyak sekali membantu musik hip-hop tanah air untuk bangkit kembali, bahkan itu menjadi batu loncatan baru bagi para pelakunya untuk menyuarakan karya-karya mereka.

Dengan memanfaatkan platform internet (YouTube, SoundCloud, dsb.), kini hip-hop Indonesia nampaknya sudah bisa unjuk gigi dan mendapatkan lebih banyak perhatian.

Bertepatan dengan Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret, mari kita telaah lebih jauh sejarah dan perkembangan musik hip-hop di Indonesia. Menyoroti awal mulanya, substansi, hingga menjadi hip-hop yang kita ketahui menjadi sesuatu yang banyak dilirik penggemar musik belakangan ini.



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH