Menengok Penjara Sempit Bung Karno di Banceuy Bekas penjara Bung Karno di Jalan Banceuy No 8, Bandung, Jawa Barat. (Foto: MerahPutih/Widi Hatmoko)

MerahPutih Wisata - Menjelajah Kota Bandung, tidak lengkap jika tidak berkunjung ke Jalan Banceuy No 8. Di tempat ini, kita bisa menemukan tempat pertama kali Bung Karno, Presiden pertama Indonesia, dipenjara.

Kamar penjara yang saat ini dijadikan sebagai museum ini memang tidak seperti museum pada umumnya. Ketaknya terhimpit di antara gedung ruko di sepanjang jalan tersebut. Namun, dulunya, tempat ini adalah lokasi penjara peninggalan tentara kolonial Belanda. Pada tahun 1983, penjara ini dipindahkan di Jalan Soekarno-Hatta Bandung. Yang disisakan hanya kamar nomor 5, tempat Bung Karno mendekam selama kurang lebih 1,2 tahun, yaitu sejak 29 Desember 1929.

Petugas Museum Penjara Bunceuy Ahamad (50) menjelaskan, Bung Karno dijebloskan ke penjara Bunceuy oleh kolonial Belanda dengan tiga orang rekannya, yaitu Gatot Mangkupraja dan Supriadinata. Namun, mereka dipenjara di kamar yang berbeda. Bung Karno menempati kamar nomor 5.

"Bang Karno ditangkap oleh Balanda dan dipenjara di Bunceuy oleh Belanda, karena dituduh akan melakukan pemberontakan bersenjata melalui PNI (Partai Nasional Indonesia)," ujar Ahmad kepada merahputih.com, Sabtu (19/11).


Bekas penjara Bung Karno di Banceuy. (Foto: MerahPutih/Widi Hatmoko)

Ia juga mengungkapkan, Bung Karno ditangkap di Yogyakarta sebelum akhirnya dipenjarakan di Bunceuy. Selama kurang lebih 1,2 tahun, kata Ahmad, Bung Karno mendekam di kamar sempit berukuran panjang 2,5 meter dan lebar 1,5 meter. Sampai saat ini, beberapa barang milik Bung Karno, seperti baskom kaleng tempat ia buang air, tempat tidur dari ubin, cangkir, serta lampu teplok menjadi saksi bisu Bung Karno pernah berada di dalam penjara ini.

"Bung Karno dipenjara selama setahun lebih dua bulan, terus dipindah ke Sukamiskin, Nusa Tenggara Timur, Bengkulu, terus di Padang. Jadi, di Bunceuy inilah Bung Karno pertama kali masuk penjara," katanya. (Wid)

BACA JUGA:

  1. Kisah Menarik Bung Karno di Dalam Penjara Banceuy
  2. Kunjungan Jokowi Ke Monumen Penjara Banceuy
  3. Monumen Penjara Banceuy, Wisata Edukasi Sejarah Perjuangan Kemerdekaan
  4. Peringati Hari Lahir Pancasila, Jokowi Napak Tilas ke Penjara Banceuy
  5. Video Pengakuan Mengejutkan Sebelum Abah Undang Tewas dalam Kerusuhan Lapas Banceuy


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH