Menengok Investasi di Tiongkok, Mencuat di Pandemi Kota Guangzhou, Tiongkok. Investasi di negara ini semakin menarik. (Foto: Pexels/Irina Iriser)

BANYAK orang yang belum familiar dengan bursa di Tiongkok. Namun selama pandemi di tahun 2020, Tiongkok menunjukan secercah sinar dibandingkan bursa lainnya. Keuntungan yang dimiliki oleh negari tirai bambu ini adalah kedisiplinan yang tinggi dari warganya untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Disaat negara lain berjuang melawan virus corona, Tiongkok sudah melonggarkan lockdownnya dan mampu membatasi penyebaran virus varian flu itu. Ini memberikan dampak positif terhadap pergerakan ekonomi dan keuangan.

Baca Juga:

Ekonomi Tiongkok Pulih Dengan Cepat

invest
Para konsultan keuangan menyebutkan saat ini Tiongkok sangat seksi. (Foto: Pexels/Artem Podrez)

Menurut laman Dailymail, negara itu berhasil terhindar dari kontraksi, kemudian mencatatkan kenaikan sekitar 2,3 persen pada GDPnya.

Janet Mji dari perusahaan jasa keuangan Brewin Dolphin mengatakan bahwa Tiongkok memiliki keuntungan dari pandemi. Mereka mampu bergerak lebih cepat dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia dalam pertumbuhannya. Ini bahkan menunjukan potensi yang baik di tahun-tahun mendatang.

Dengan Tahun Kerbau, Tiongkok menunjukan sentimen positif terhadap perkembangan ekonominya. Bangkit dan tumbuhnya kembali industri teknologinya membantu bursa merek, CSI 300 index, naik sebesar 42 persen sejak bulan Maret 2020. Index juga menunjukan kenaikan sebesar 7 persen pada tahun ini saja.

Kemudian disisi daya beli masyarakatnya juga turut bertumbuh. Warga Tiongkok diyakini memiliki pertumbuhan pendapatan sekitar 38,2 persen di tahun 2019. Ini membuktikan bahwa rumah tangga di Tiongkok lebih mampu menghadapi guncangan ekonomi.

Seperti yang dilansir dari Dailymail, Dzmitry Lipski, perusahaan riset keuangan Interactive Investor, mengungkapkan kebangkitan daya beli masyarakat Tionghoa sangat berhubungan dengan pandemi. Salah satu pemicunya adalah pembatasan perjalanan yang membuat warganya menghabiskan waktu hanya di wilayahnya sendiri. Dia menekankan bahwa hal ini dapat berdampak negatif pada investor yang mengabaikan Tiongkok.

Baca Juga:

Kerennya Fashion Street ala Tiongkok, ini Kisah di Baliknya

invest
Investor tertarik mengembangka uangnya di bidang teknologi dan e-commerce. (Foto: Freepik/jcomp)

Memang masih banyak pertimbangan untuk menanamkan uang di Tiongkok. Seperti isu kemanusian pada suku Muslim Uighur. Namun Tiongkok memainkan peran penting pada iklim dunia. Negara itu mengumumkan karbon netral pada 2060. Dengan demikian negara dengan populasi terpadat di dunia itu akan membuat iklim dunia jauh lebih baik.

Menurut Interactive Investor, banyak investor yang menolehkan kepalanya ke Tiongkok saat ini sejak Oktober tahun lalu. Kemudian Investment Association, badan yang mengurusi pendanaan industri menyebutkan bahwa setelah menarik dana dari Tiongkok sebesar Rp1,8 triliun pada kuartal pertama 2020, investor sudah menggelontorkan Rp14 triliun sembilan bulan kemudian. Umumnya investor tertarik untuk menanamkan uangnya pada teknologi, otomotif dan e-commerce.

Susannah Streeter dari Hargreaves Lansdown, menyebutkan bahwa Tiongkok fokus pada penjualan yang dia nilai masih menunjukan potensi bagus ketimbang di Eropa yang mengalami penurunan pada bulan Februari.

Alibaba dan Tencent mendapatkan perhatian lebih dari para investor. Harga saham mereka naik 18 persen dan 82 persen pada tahun lalu. Yang mengalami kenaikan saham sangat luar biasa adalah Pinduoduo, yang melayani pembelian makanan untuk masyarakat. Kemudian Meituan, aplikasi yang memungkinkan orang untuk membeli apa saja dengan aplikasi itu. Harga saham Meituan naik hingga 294 persen hanya dalam 12 bulan. (psr)

Baca Juga:

Pohon Ribuan Tahun Ini Jadi Wisata Favorit di Tiongkok

Penulis : P Suryo R P Suryo R
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cuma Berfoto Dapat Perhiasan Senilai Puluhan Juta Rupiah
Fun
Cuma Berfoto Dapat Perhiasan Senilai Puluhan Juta Rupiah

Kandidat terpilih akan dikirimkan seperangkat perhiasan senilai 4 ribu pound sterling atau setara dengan Rp74,8 juta.

NASA Minta Bantuan untuk Navigasi Curiosity Rover di Mars
Hiburan & Gaya Hidup
NASA Minta Bantuan untuk Navigasi Curiosity Rover di Mars

Kamu dapat membantu para ilmuwan mempelajari lebih banyak tentang Planet Merah.

Keseruan Super Nintendo World Dimulai Februari 2021
Fun
Keseruan Super Nintendo World Dimulai Februari 2021

Kapasitas wahana dibatasi hanya 50 persen pengunjung.

Kolaborasi PUMA X Maison Kitsune Perpaduan Desain Vintage dan Modern
Fashion
Kolaborasi PUMA X Maison Kitsune Perpaduan Desain Vintage dan Modern

Desain koleksi ini menggabungkan elemen desain dari Jepang dan Prancis, serta memberikan DNA PUMA

Sepatu Bongkar Pasang Hasil Kolaborasi Lego X Adidas
Fashion
Sepatu Bongkar Pasang Hasil Kolaborasi Lego X Adidas

Lengkap dengan tali dan kotak sepatu.

Agar Hobi Bisa Jadi Kariermu
Fun
Agar Hobi Bisa Jadi Kariermu

Berkarier bisa kamu mulai dari mana saja.

Mengenal Menstrual Cup Saingan Pembalut
Fun
Mengenal Menstrual Cup Saingan Pembalut

Benda ini tidak sepopuler pembalut yang umumnya dipakai perempuan dikala haid.

Industri Film Meningkat Berkat Vaksinasi
Fun
Industri Film Meningkat Berkat Vaksinasi

Sebagian bioskop sudah dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pakaian Berkualitas, Olahraga Maksimal
Fun
Pakaian Berkualitas, Olahraga Maksimal

Butuh pakaian berkualitas agar olahraga jadi nyaman.

Cengti, Antara Solidaritas dan Maut
Fun
Cengti, Antara Solidaritas dan Maut

Fenomena pemotor berbonceng tiga sudah menjadi pemandangan yang 'lumrah' di Negeri Aing