Otomotif

Menengok Gaharnya Mobil Sport Pabrikan Motor KTM

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 08 September 2022
Menengok Gaharnya Mobil Sport Pabrikan Motor KTM
KTM X-BOW GT-XR tampil sangar dengan mesin gahar. (Foto: KTM)

PERUSAHAAN Austria KTM mungkin lebih dikenal sebagai produsen motor sport, bahkan ikut berkompetisi di MotoGP. Namun, sejak 2008 produk mobil X-BOW mereka telah mendobrak pasar sebagai salah satu mobil sport paling ekstrem yang ada di pasar. GT-XR baru adalah varian teranyar dari mobil itu, ungkap Auto Express.

GT-XR didasarkan pada mobil balap X-BOW GT2 baru, tidak mengherankan jika mobil itu hadir dengan beberapa peningkatan yang serius. Hal itu tentu bagus, mengingat dengan harga Rp 4,2 miliar, mobil itu akan bersaingan dengan Lamborghini Huracan STO dan Porsche 911 GT3 RS baru.

Baca juga:

KTM MotoGP Resmi Gandeng Jack Miller untuk Musim 2023

KTM piawai ciptakan motor dan mobil berperforma tinggi. (Foto: KTM)

KTM mengatakan X-BOW GT-XR adalah 'mobil super sport tanpa kompromi' dan fokus pada pembuatan GT-XR ini pada dasarnya adalah mobil balap untuk jalan berarti bobotnya dijaga hanya 1.130kg. Bobot trotoar yang rendah ini dicapai melalui penggunaan komposit serat karbon, monokok karbon, dan interior yang relatif tandus.

Mesin lima silinder 2.500 cc turbo dari Audi yang berada di tengah bodi juga membantu menjaga bobot tetap ringan. KTM telah menambah tenaga dari mesin bertenaga 395 dk yang sama terdapat di Audi RS 3 saat ini.

Mesin yang sama itu, di-tuning ulang oleh teknisi KTM dan diletakkan di KTM X-BOW GT-XR. Hasilnya, mesin itu mampu menyemburkan tenaga 494 dk. Tenaga dikirim ke roda belakang secara eksklusif melalui girboks DSG tujuh kecepatan dan diferensial selip terbatas mekanis.

Baca juga:

Tim KTM MotoGP Ingin Boyong Insinyur F1

KTM pamerkan mobil sport gahar terbaru. (Foto: KTM)

Kanopi jet tempur X-BOW GT-XR bisa dibilang merupakan fitur yang paling menarik perhatian. Kanopi itu sendiri dibangun dari rangka karbon sehingga dapat menahan kira-kira enam kali beratnya sendiri. Di bagian lain, ada kaliper rem aluminium monoblok dan jok carbon bucket yang dilengkapi dengan empat titik harness untuk efek mobil balap penuh.

Di luar kita bisa terlihat adanya splitter yang lebih besar di bagian depan, ventilasi besar di belakang roda depan, intake udara di depan roda belakang, suspensi yang telah diubah secara aerodinamis dan diffuser belakang yang lebih besar dan sayap ke arah belakang.

Terlepas dari sifat fokus trek yang jelas dari X-BOW GT-XR, ada beberapa kenyamanan di dalamnya. Ada boot 160 liter untuk menelan helm dan beberapa overall balap, ditambah AC, kamera tampak belakang, dua koneksi USB-C dan konektivitas Bluetooth. (waf)

Baca juga:

KTM RC 250 Saingan Anyar Kawasaki Ninja 250

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan