Menelusuri Keindahan Pantai-Pantai Sumbawa Barat, dari Jelenga hingga Poto Batu

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 27 Maret 2019
Menelusuri Keindahan Pantai-Pantai Sumbawa Barat, dari Jelenga hingga Poto Batu
Pantai Jelenga. (Foto: instagram.com/dk081)

SUMBAWA tak bisa lepas dari dunia pariwisata. Seperti halnya pulau tetangganya Bali, Sumbawa banyak menggaet turis baik nusantara maupun mancanegara. Sumbawa juga "menjual" keindahan pantai-pantainya yang terkenal sangat indah.

Selain keindahan alam bahari, Sumbawa juga kaya akan tradisi, tempat berburu makanan tradisional, dan wisata pegunungan yang tak kalah menarik dari daerah lain. Mengeksplorasi keindahan Sumbawa tak cukup satu dua hari.

1. Pantai Jelenga

 Pantai Jelenga. (Foto: instagram.com/avianty)
Pantai Jelenga. (Foto: instagram.com/avianty)

Hamparan pasir putih yang membentuk tapal kuda di Pantai Jelenga, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, bisa membuat pengunjungnya jatuh cinta pada pandangan pertama.

Berjalan menapaki pasir putih Pantai Jelenga yang sekilas tampak seperti butiran merica sambil melihat ombak menghapus tapak kaki yang tertinggal, menyaksikan gulungan ombak pecah, menatap pemandangan perbukitan dan bentang alam di kanan kiri pantai mendatangkan ketenangan.

Hanya deru ombak yang terdengar di pantai yang berada sekitar tujuh kilometer dari Desa Goa di Kecamatan Jereweh itu.

Perjalanan menuju ke sana dari ibu kota Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat di Taliwang, melewati perkampungan penduduk dan warganya yang ramah, melintasi perbukitan dan lahan pertanian warga.

Sesekali pengendara harus berhenti untuk memberi jalan bagi kelompok kerbau milik warga yang menyeberang dalam perjalanan menuju pantai yang dianggap sebagai surga selancar itu.


2. Surga para pencita surfing

Pantai Jelangah. (Foto: instagram.com/rangga_broclak)
Pantai Jelangah. (Foto: instagram.com/rangga_broclak)

Para pencinta olahraga air menyebut Pantai Jelenga sebagai "Scar Reef". Gelombangnya berbentuk seperti pipa raksasa, dan tingginya antara dua sampai tiga meter.

"Pantai Jelenga sudah terkenal bagi para surfers mancanegara," kata Hasan, seorang warga Taliwang, seperti dikutip Antara.

Namun, bagi mereka yang tidak hobi berselancar menikmati keindahan pantai saat ombak bersahabat pada bulan April juga sudah cukup memuaskan. Mereka bisa menikmati pemandangan Pantai Jelenga saat matahari terbenam, dan menyaksikan pantulan warga kemerahan langit di pantai bersama debur ombak.


3. Ada pantai tropical dengan panjang 2 kilometer

Pantai Tropical. (Foto: instagram.com/mwillypa)
Pantai Tropical. (Foto: instagram.com/mwillypa)


Dari Pantai Jelenga, wisatawan bisa menempuh perjalanan satu jam untuk menyambangi Pantai Tropical di Kecamatan Sekokang. Lokasinya tidak jauh dari jalan provinsi, hanya sekitar 10 menit dari pintu gerbang Bandara Sumbawa Besar yang sampai sekarang belum beroperasi.

Di sana, pengunjung bisa duduk-duduk di bruga atau pendopo sambil menikmati pantai berpasir putih sepanjang sekitar dua kilometer, menatap paduan warna putih pasir dan air laut yang menyajikan gradasi warna biru.


4. Pantai Poto Batu incara warga untuk berfoto selfie

 Pantai Poto Batu. (Foto: instagram.com/febi_hapsari)
Pantai Poto Batu. (Foto: instagram.com/febi_hapsari)

Selain Pantai Tropical, ada Pantai Poto Batu yang sering menjadi tempat swafoto. Pantai itu punya batu-batu berukuran besar yang biasanya menjadi tempat pilihan warga untuk berfoto dengan latar belakang deburan ombak.

Para pemburu pemandangan matahari terbenam juga bisa mendatangi Pantai Poto Batu untuk menikmati momen kesukaan mereka sambil melihat anak-anak muda latihan berselancar di pantai yang berada di tepi jalan dari Taliwang ke Sekokang tersebut. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Banyak Disangka Maldives, Ternyata Resort Ini Ada di Indonesia

#Sumbawa #Wisata Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan