Menelusuri Jejak Van Gogh di Sawarna JSI Community foto bersama di pantai Batu Layar, Sawarna, Minggu (6/9). (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

MerahPutih Wisata - Keindahan pantai Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten sudah dikenal luas. Daerah ini telah menjadi tujuan wisata turis lokal maupun mancanegara.

Akan tetapi, tak banyak yang tahu kalau di sini bersemayam sebuah makam orang terkenal. Dia adalah Jean Louis van Gogh, yang merupakan sepupu dari pelukis terkenal Vincent van Gogh asal Belanda

Makam setinggi satu meter dan berbentuk persegi itu diselimuti lumut. Tulisan pada batu nisannya sudah sulit terbaca.  

Berbeda dengan sepupunya yang menjadi pelukis, Jean Louis van Gogh menempuh jalan hidup sebagai pengusaha. Ia membuka perkebunan kelapa di sepanjang Pantai Ciantir, Sawarna, sekitar 200 kilometer dari ibu kota Jakarta.

Menurut keterangan Sekretaris Desa Sawarna, Lili Suhaeli, seperti dikutip Antara, Jean Louis van Gogh membuka areal perkebunan kelapa seluas 54 hektare, tepatnya terletak di pinggir Pantai Ciantir dan Tanjung Layar pada 1907.

Lambat laun daerah ini terbentuk menjadi sebuah kampung yang diberi nama Sawarna, tapi logat masyarakat lokal dalam bahasa Sunda menyebutnya "Sorana" yang berarti suaranya.

Jean Louis van Gogh mempunyai cita-cita mengangkat pamor Sawarna ke mancanegara. Pada kenyataannya, sekarang Desa Sawarna telah menjadi desa yang memiliki suara yang bergaung di seluruh negeri," ujar Lili.

Lili mengaku tak tahu, apakah ada kaitannya dengan cita-cita luhur saudagar asal Belanda tersebut, tapi ia yakin Desa Sawarna akan menjadi desa yang terkenal dan diminati para pelancong karena keindahan alamnya.   

BACA JUGA:

  1. Pantai Sawarna, Surga Tersembunyi di Banten
  2. Cantiknya Pesona Alam Pantai Selong Balanak
  3. Kilau Keemasan Mentari di Bukit Pergasingan
  4. Indahnya Desa Wisata Tangkeno ‘Negeri di Awan’
  5. Pulau Sagori, Angker Namun Menawan

    



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH