Menelusuri Asal-Usul Padi Padi mulai dibudidayakan di Tiongkok 10 ribu tahun lalu. (Foto: Pixabay)

Anda pasti makan nasi setiap hari. Namun, tahukah Anda asal-usul pagi, tanaman penghasil beras yang biasa Anda masak jadi nasi? Jika menelusuri sejarahnya, padi pertama kali dibudidayakan di Tiongkok sekitar 10 ribu tahun lalu.

Informasi ini diperoleh dari hasil penelitian tim riset yang dipimpin Profesor Lu Houyuan. Pertanyaan seputar asal-usul serta budi daya pagi telah memicu banyak perdebatan dalam periode satu dekade terakhir.

Sebelum riset ini dilakukan, peneliti lain menemukan fosil pagi di Situs Shangshan, Yangtze, China. Fosil ini dinyatakan sebagai sampel pagi paling awal. Akan tetapi, usia fosil padi yang diperoleh dari penurutan radio karbon pada pecahan tembikar yang mungkin tercemar sumber-sumber karbon yang lebih tua.

Untuk mengetahui usia lebih akurat dari fitolit-silika yang diproduksi tumbuhan, para peneliti mengembangkan cara baru mengisolasi fitolit padi dari sumber-sumber karbon seperti tanah liat dan karbonat. Jika ditelusuri lebih detail, kehadiran padi sekitar 10 ribu tahun itu ada masa awal Holosen.

Ketika memperhitungkan jarak antara sampel-sampel fitolit dan dasar terendah strata pertanian di situs juga laju budi daya padi yang lambat. Masa itu bertepatan dengan budidaya gandum di Timur Jauh dan jagung di Amerika Selatan.

Sumber: ANTARA

Baca juga artikel Nugal, Tradisi Unik Menanam Padi Di Kalimantan Barat.


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH