Menegur Teman yang Lalai Pakai Masker, Begini Caranya Jangan hanya diam, kamu perlu menegur temanmu yang enggak mau pakai masker. (Unsplash/Engin Akyurt)

ANGKA perkembangan kasus pasien COVID-19 yang terus meningkat seharusnya membuat orang semakin lebih berhati-hati dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Apalagi klaster-klaster baru yang bermunculan ini ada dari wilayah perkantora hingga di keluarga.

Menaati protokol kesahatan sebenarnya menjadi salah satu caara yang paling penting untuk mencegah penyabaran virus Corona semakin banyak.

Namun, masih ada saja orang-orang yang tidak taat pada peraturan ini. Seperti menyepelekan tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak.

Baca juga:

Bukan Cuma Masker, Ini Cara Ampuh Menangkal Virus Corona

Tentu rasanya geram ingin mengingatkan mereka untuk mengenakan masker entah itu sedang dalam kondisi sehat atau tidak. Bahkan kita juga harus saling mengingatkan untuk bersama-sama menghentikan penyebaran pandemi ini.

Beberapa orang lebih memilih untuk diam ketika melihat orang-orang yang tidak menggunakan masker. Daripada hanya diam dan geram, lebih baik mengingatkan mereka dengan cara ini.

1. Jangan pakai emosi

Menegur Teman yang Lalai Pakai Masker, Begini Caranya
Mengingatkan mereka tanpa menggunakan emosi. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Emosi menjadi salah satu hal yang paling kuat di dunia. Dilansir dari laman Menshealth, kamu bisa menggunakan kalimat merupakan pernyataan saya.

Misalnya dengan kata-kata, "saya akan sangat bila kamu menggunakan maskermu" atau "kita bisa melanjutkan percakapan dari jarak yang lebih jauh".

Hal ini mengartikan kamu ingin lebih tegas untuk memintanya mengenakan masker tanpa harus melibatkan emosi.

Baca juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Pakai Masker Picu Penyakit Staph

2. Ekspresikan rasa tidak senang

Menegur Teman yang Lalai Pakai Masker, Begini Caranya
Tunjukkan rasa tidak senangmu kepada mereka. (Unsplash/Obie Fernandez)

Jika lewat kata-kata masih tidak bisa menyadarkan mereka. Kamu bisa menutup diri dari mereka, seperti tidak lagi melanjutkan percakapan.

Hal ini menjadi salah satu hal mengapa kamu perlu menjauhi orang-orang enggan menggunakan masker itu. Atau bisa dengan berbicara seperlunya dan menyatakan apa yang sebenarnya kamu takutkan dengan orang-orang yang berada di sekitarmu dan enggan menggunakan masker.

3. Berikan edukasi

Menegur Teman yang Lalai Pakai Masker, Begini Caranya
Kamu juga perlu mengedukasi mereka tentang pentingnya menggunakan masker. (Unsplash/Michael Amadeus)

Mereka yang tidak menggunakan masker perlu menyadari betapa pentingnya penggunaannya untuk melindungi diri dan orang lain. Tidak hanya menjadi contoh yang baik menerapkan protokol kesehatan.

Walaupun susah mengubah pikiran orang lain, paling tidak kamu bisa memberitahukan semua orang berharap pandemi ini segera berakhir. Untuk itu membutuhkan kerja sama bersama dalam mencegah penyebarannya. (ren)

Baca juga:

Masker Wajah Canggih ini Pakai Teknologi Pemurni Udara



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH