Grammy 2022
Menebak Musisi yang Berjaya di Big Four Grammy Awards 2022 Billie Eilish dan Olivia Rodrigo yang masing-masing masuk dalam tiga dan empat nominasi dari kategori 'big four'. (Insider)

MALAM terbesar dalam industri musik AS akan menyoroti persaingan antara Billie Eilish, Lil Nas X, Jon Batiste, Olivia Rodrigo, dan Silk Sonic. Dalam prediksi big four Grammy Awards 2022 yang ditulis Ben Beaumont-Thomas di The Guardian (1/4), persaingan ketat terjadi di antara Billie Eilish dan Olivia Rodrigo yang masing-masing masuk dalam tiga dan empat nominasi dari kategori big four. Siapa yang akan menang?

BACA JUGA:

Dari Taylor Swift hingga BTS, ini Sejarah Baru yang Bisa Terjadi di Grammy Awards 2022

1. Nominasi rekaman tahun ini

silk sonic
Silk Sonic bisa memenangi kategori rekaman tahun ini dengan Leave the Door Open. (Foto: Los Angeles Times)

Grammy telah memperluas penghargaan 'empat besar' menjadi masing-masing 10 nominasi. Hal itu dilakukan untuk memberi ruang bagi lebih banyak artis dan genre dari lanskap musik yang luas dan beragam, dan untuk merangkul semangat inklusi.

Perubahan itu memungkinkan beberapa musisi di luar arus utama untuk bersaing memperebutkan hadiah utama, seperti Brandi Carlile dengan Right on Time dan Jon Batiste dengan Freedom. Namun, ada juga banyak musik pop arus utama yang masuk daftar nominasi dan layak untuk menang. Silk Sonic bisa memenangi kategori ini dengan Leave the Door Open yang membuat tersenyum dalam kegembiraan. Rekaman tersebut merupakan hit besar lintas generasi di AS yang akan menarik bagi seluruh Akademi.

Nomine: ABBA – I Still Have Faith in You, Jon Batiste – Freedom, Tony Bennett & Lady Gaga – I Get a Kick Out of You, Justin Bieber – Peaches (feat Daniel Caesar & Giveon), Brandi Carlile – Right on Time, Doja Cat – Kiss Me More (feat SZA), Billie Eilish – Happier Than Ever, Lil Nas X – Montero (Call Me By Your Name), Olivia Rodrigo – Drivers License, Silk Sonic – Leave the Door Open

Akan menang: Silk SonicSeharusnya menang: Silk Sonic

2. Album tahun ini

billie eillish
Billie Eilish dapat memenangi kategori album tahun ini untuk tahun ketiga berturut-turut. (Foto: Creative Disc)

Batiste ialah artis yang paling banyak dinominasikan dengan 11 nominasi dan tur musik Black American We Are merupakan rekaman paling ramah Grammy. Namun, kurangnya bobot budaya pop berarti dia mungkin harus puas dengan akan kemenangan yang lebih rendah.

Keberhasilan Evermore lebih rendah daripada saudara perempuannya, Folklore, pemenang tahun lalu dalam kategori ini. Donda bisa menjadi underdog, tetapi perilaku Kanye di Instagram baru-baru ini telah merusak peluangnya.

HER secara luas dicintai Akademi tetapi lirik yang agak sehari-hari menghambat kemenangan solid Back of My Mind. Bieber akan mendapatkan beberapa suara sentimental seperti halnya Tony Bennett, tetapi keduanya tidak akan mendapatkan cukup suara untuk menang.

Olivia Rodrigo ialah perempuan petarung terkuat tetapi ada lagu-lagu yang tidak dapat disangkal lemah dalam debutnya. Sementara, Doja Cat dan Lil Nas X yang sangat brilian mungkin belum terlalu matang untuk pemilih yang lebih kaku.

Jadi Billie Eilish, yang sangat diurapi Akademi, dapat memenangi kategori big four ini untuk tahun ketiga berturut-turut ini. Album Happier Than Ever mungkin yang terbaik dengan mengambil bentuk yang sangat tradisional (bossa nova, jazz ballads) tapi dengan tempaan mediasi digital. Hasilnya ialah salah satu karya seni terbaik sepanjang masa tentang kengerian terhadap ketenaran.

Nomine: Jon Batiste – We Are, Tony Bennett and Lady Gaga – Love for Sale, Justin Bieber – Justice, Doja Cat – Planet Her, Billie Eilish – Happier Than Ever, HER – Back of My Mind, Lil Nas X – Montero, Olivia Rodrigo – Sour, Taylor Swift – Evermore, Kanye West – Donda

Akan menang: Billie EilishSeharusnya menang: Billie Eilish

3. Lagu tahun ini

olivia rodrigo
'Drivers License' yang hanya ditulis dua orang bisa menangi kategori lagu tahun ini. (Foto: Billboard)

Kategori ini fokus lebih dekat pada hal-hal yang berhubungan dengan penulisan lagu, dari lirik dan komposisi. Di sinilah Rodrigo mungkin akan menang. Dari klik indikator mobil yang membuka Drivers License, hingga drone efek doppler yang menakutkan, single debut Rodrigo memunculkan suasana mengemudi tanpa tujuan akibat patah hati, seperti karya teater audio atau siniar true crime. Hampir tidak ada yang mengekspresikan remaja patah hati lebih baik daripada dia.

Beberapa pemilih mungkin mengagumi bahwa lagu itu hanya karya dua penulis lagu yang dicatatkan dalam kredit lagu, Rodrigo dan produser/penulis Daniel Nigro, melawan Peaches yang ditulis 11 orang atau delapan orang untuk A Beautiful Noise.

Nomine: Ed Sheeran – Bad Habits, Brandi Carlile & Alicia Keys – A Beautiful Noise, Olivia Rodrigo – Driver License, HER – Fight for You, Billie Eilish – Happier Than Ever, Doja Cat – Kiss Me More (feat SZA) , Silk Sonic – Leave the Door Open, Lil Nas X – Montero (Call Me By Your Name), Justin Bieber – Peaches (feat Daniel Caesar & Giveon), Brandi Carlile – Right on Time

Akan menang: Olivia RodrigoSeharusnya menang: Olivia Rodrigo

4. Pendatang baru terbaik

grammy 2022
Baby Keem seharusnya bisa menangi kategori pendatang baru terbaik jika tidak ada dominasi Olivia Rodrigo di "big four". (Variety)

Dalam kategori ini, keputusan Akademi untuk menambah daftar nominasi paling masuk akal. Dengan adanya 10 nomine, mereka memberikan dorongan kepada berbagai artis yang layak. Misalnya, Arooj Aftab, yang lagu balada rakyatnya yang gamblang menjadikannya salah satu pesaing hebat di kategori itu; Japanese Breakfast yang menunjukkan bagaimana 'indie' telah menjadi kata yang tidak berguna di dunia karena adanya musisi alternatif dengan squish pop; dan Baby Keem yang suara ekspresifnya berubah dari bingung menjadi sedih menjadi marah pada mahakarya rap baru The Melodic Blue.

Arlo Parks dan Glass Animals membuat Inggris bangga di tahun yang nominasi Inggris berkurang banyak. Adapun Glass Animals memiliki peluang lebih baik daripada nomine lain setelah "Heat Waves" menjadi hit besar mereka. Namun, sungguh tidak ada yang bisa mengalahkan Rodrigo dalam kategori ini.

Nomine: Arooj Aftab, Jimmie Allen, Baby Keem, Finneas, Glass Animals, Japanese Breakfast, The Kid Laroi, Arlo Parks, Olivia Rodrigo, Saweetie

Akan menang: Olivia RodrigoSeharusnya menang: Baby Keem. (aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
bbno$ Rilis Single ‘I Remember’ Sekaligus Umumkan Album Terbaru
ShowBiz
bbno$ Rilis Single ‘I Remember’ Sekaligus Umumkan Album Terbaru

Single ketiga ini memperlihatkan kepiawaian bbno$ dalam berganti gaya rap dengan punchline ciri khasnya

Magnesium Memberikan Manfaat Kualitas Tidur
Fun
Magnesium Memberikan Manfaat Kualitas Tidur

Magnesium diperlukan untuk fungsi otak, jantung, dan otot.

Marcell Siahaan Bagikan Tips Olahraga Strong Nation Selama Bulan Puasa
Fun
Marcell Siahaan Bagikan Tips Olahraga Strong Nation Selama Bulan Puasa

Olahraga Strong Nation bisa kamu lakukan di rumah.

Ahli Roaster Jawab Stigma Roasting yang Beredar di Indonesia
Fun
Ahli Roaster Jawab Stigma Roasting yang Beredar di Indonesia

Banyak stigma beredar tentang roasting kopi.

OnePlus 10 Pro Sekarang Sudah Tersedia di Pasar Tiongkok
Fun
OnePlus 10 Pro Sekarang Sudah Tersedia di Pasar Tiongkok

Kuartal pertama memang selalu menjadi waktu yang menyenangkan di bidang teknologi.

Pizza Heart Siap Bantu Kamu Ungkapkan Rasa Sayang
Fun
Pizza Heart Siap Bantu Kamu Ungkapkan Rasa Sayang

Pizza Heart akan hadir selama Februari.

Yuk Tinggalkan Kebiasaan Buruk ini di 2022
Fun
Yuk Tinggalkan Kebiasaan Buruk ini di 2022

Waktunya untuk mengembangkan diri jadi lebih baik di 2022.

Instagram akan Hilangkan Fitur Swipe Up?
Fun
Instagram akan Hilangkan Fitur Swipe Up?

Fitur Swipe Up akan diganti dengan fitur yang lebih memudahkan pengguna.

Lizzo Muncul di Serial Kartun Disney 'The Proud Family'
ShowBiz
Lizzo Muncul di Serial Kartun Disney 'The Proud Family'

Selain Lizzo, sejumlah pesohor lain juga akan hadir di serial animasi The Proud Family.

Gong Yoo Ungkap Kesan Pertama saat Berinteraksi dengan Penggemar di Instagram
ShowBiz
Gong Yoo Ungkap Kesan Pertama saat Berinteraksi dengan Penggemar di Instagram

Gong Yoo rayakan 20 tahun berkarya dengan membuat akun Instagram