Menebak Kans BTP alias Ahok Jadi Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat menghadiri pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta (MP//Asropih)

MerahPutih.Com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya hari ini akan mengumumkan sekaligus melantik Kabinet Kerja Jilid II atau Kabinet Jokowi-Ma'ruf. Sudah puluhan calon menteri bertemu dan mendapat tugas dari Presiden sejak Senin hingga Selasa kemarin.

Dari nama-nama yang menyambangi Istana, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dianggap menjadi salah satu kejutan, karena rival Jokowi di Pilpres 2019 itu di luar prediksi mau menerima tawaran menjadi menteri.

Baca Juga:

Kembali Jadi Menhub, Budi Karya Dapat Tugas Khusus dari Jokowi

Pengamat politik Wempy Hadir menilai, kejutan yang dinanti publik dari Presiden Jokowi adalah memanggil mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP/Ahok) ke Istana.

BTP alias Ahok belum dapat jatah menteri dari Jokowi
Ahok di Rumah Dinas Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (30/4). Foto: MP/Asropih

"Saya kira publik sekarang menunggu kejutan BTP itu bisa dipanggil. Banyak yang menunggu kejutan dari Jokowi untuk memanggil Ahok. Terlepas dia diberi peran apa tetapi atmosfer publik hari ini sedang menunggu itu," kata Wempy kepada wartawan Selasa (22/10).

Menurutnya, alasan publik menanti kehadiran Ahok di Istana, karena sosok kader PDIP itu dianggap layak menjadi menteri Jokowi lantaran kinerjanya sudah teruji, memiliki integritas dan rekam jejak yang baik.

Baca Juga:

Dipilih Jadi Menkes, Dokter Terawan Diminta Presiden Jokowi Cegah Stunting

"Jadi publik berharap Jokowi bisa mempertimbangkan dia (jadi menteri), apakah hari ini atau besok diundang.
Karena orang ini dia punya integritas, dia punya rekam jejak yang baik dan bangsa ini butuh orang seperti itu," ungkap Direktur Indo Polling Network ini.

"Karena publik butuh perubahan, dan perubahan yang dilakukan oleh Ahok selama ini (di DKI), itu yang diharapkan masyarakat hari ini. Jadi memang publik sedang menunggu kejutan itu dari Jokowi," pungkas Wempy.(Knu)

Baca Juga:

Moeldoko Pastikan Kembali Jabat Kepala Staf Kepresidenan



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH