Mendongeng di YouTube, 4 Selebritas Ini Ajak Masyarakat Perkuat Literasi Digital! Chelsea Islan mendongeng (Foto: YouTube/Google Indonesia)

DONGENG merupakan tradisi tutur turun-temurun berisi nilai-nilai luhur. Tiap malam, dongen biasa dituturkan orang tua kepada anak sebagai cerita pengantar tidur. Tak heran bila dongeng kadang disebut kuntun bunga tidur.

Era digital memberi nuansa baru bagi dunia dongeng. Jika sebelumnya kita harus membeli buku dongeng untuk dibacakan pada anak-anak, kini cukup membuka YouTube dan mencari kata "dongeng" di kolom pencarian.

Dongeng di YouTube bermacam-macam, mulai dongeng asli Indonesia atau dongeng klasik mancanegara tersedia. Temanya pun beragam. Bahkan, pendongeng atau penceritanya juga tak main-main.

Banyak wajah-wajah terkenal berlabel selebritas tanah air ikut serta berdongeng. Dengan menggandeng sejumlah pesohor tanah air, Google Indonesia berusaha merangsang para penikmat YouTube untuk memperkuat literasi melalui cerita tutur atau dongeng. Berikut beberapa selebritas yang pernah mendongeng di YouTube:

1. Dian Sastrowardoyo

(video: YouTube/Google Indonesia)

Tak hanya di film, di kehidupan sehari-hari Dian Sastrowardoyo begitu lekat dengan dunia sastra. Ia selalu terlibat dalam acara-acara bertema sastra, seperti pembacaan cerita pendek, puisi, atau dongeng.

Salah satu dongeng yang pernah ia bawakan di YouTube berjudul Dang Gedunai dari Kepulauan Riau. Dengan artikulasi jelas dan intonasi prima, Dian berhasil membuat dongeng tampak lebih hidup.

2. Chelsea Islan

(video: YouTube/Google Indonesia)

Selain mahir berolah peran, Chelsea ternyata juga memiliki intelektualitas tinggi. Hal itu tumbuh karena hobi membacanya. Ia begitu concern terhadap dunia sastra dan kerap menyuarakan pentingnya membaca buku.

Kesukaannya pada membaca turut membawanya berpartisipasi dalam kegiatan mendongeng oleh Google Indonesia. Dalam kanal YouTube tersebut, Chelsea membacakan legenda Roro Jonggrang dan Candi Prambanan.

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH