Mendikbud Sebut Pendidikan Non Formal Penting Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

MerahPutih.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pendidikan non formal memiliki peranan penting di masyarakat.

"Dengan meningkatnya kebutuhan sumber daya manusia, maka pendidikan non formal seperti kursus dan pelatihan mempunyai peranan yang sangat kuat," kata Muhadjir di Jakarta, Rabu (13/9).

Mendikbud mengatakan, peranan pendidikan non formal seperti kursus dan pelatihan ada tiga, yaitu mengejar, seiring, dan mendahului.

Mengejar mempunyai makna pendidikan non formal berperan dalam mengejar ketertinggalan yang ada di masyarakat.

Kemudian peran seiring adalah dengan mengimbangi yang terjadi di masyarakat. Sedangkan peran mendahului dilakukan dengan mengantisipasi apa yang akan terjadi.

Saat ini, menurut Muhadjir, program prioritas pemerintah adalah pembangunan sarana dan prasarana baik darat, laut, maupun udara.

Dengan demikian, peran pendidikan non formal adalah mendahului, yaitu mengantisipasi dengan menyiapkan SDM yang kompeten melalui kursus atau pelatihan.

"Saya berharap dengan gelar karya kursus dan pelatihan ini dapat menjadi sarana kerja sama yang semakin erat antara kursus dan pelatihan dengan dunia usaha dan industri dalam penyiapan SDM yang berkualitas dan berdaya saing," katanya. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH