Mendikbud: Persiapan UNBK SMA Sudah Matang dan Siap Diselenggarakan

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 09 April 2018
Mendikbud: Persiapan UNBK SMA Sudah Matang dan Siap Diselenggarakan
Ujian Nasional Berbasis Komputer. Merahputih.com / Rizki Fitrianto

MerahPutih.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan persiapan Ujian Nasional (UN) untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat sudah matang dan siap untuk menyelenggarakan UN pada 9-12 April.

"Persiapan sudah matang. Berbagai kekurangan yang terjadi tahun lalu diusahakan bisa disempurnakan (diperbaiki) di dalam pelaksanaan UN tahun ini. Tetapi memang masih banyak hal yang harus dibenahi," ujar Mendikbud Muhadjir.

Dia menjelaskan dalam pelaksanaan UN, khususnya yang UN berbasis komputer (UNBK), masalah yang muncul bersifat klasik, yakni terkait dengan masalah jaringan internet dan listrik.

UNBK. Foto: MP

Disinggung mengenai keluhan biaya tambahan di sejumlah sekolah karena pelaksanaan UNBK, Muhadjir menambahkan biaya tambahan itu dimungkinkan asal prosedur dan ketentuannya tidak menyimpang khususnya yang sudah diatur di dalam Permendikbud 75/2016, tentang Komite Sekolah.

"Pemenuhan sarana seperti komputer dilakukan secara bertahap. Dari tahun ke tahun ada penambahan".

Jumlah peserta UN SMA-MA sebanyak 1.983.568 peserta dari 21.143 satuan pendidikan. Sebanyak 1.812.565 peserta didik mengikuti UNBK yang berasal dari 18.353 satuan pendidikan atau 91 persen. Sisanya sebanyak 171.003 UN berbasis kertas pensil atau UNKP.

UNBK. Foto: MP

Pada jenjang sekolah menengah atas (SMA), provinsi yang siap menyelenggarakan 100 persen UNBK di antaranya Aceh, Banten, Bangka Belitung, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat,Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara Barat.

Beberapa pokok perbedaan pelaksanaan UN 2018 dengan tahun sebelumnya di antaranya adalah soal isian singkat yang terdapat pada mata pelajaran matematika jenjang SMA stsu sederajat.

Kemudian, sertifikat hasil ujian nasional (SHUN) menggunakan digital signature, dan biaya untuk proktor dan pengawas ujian di satuan pendidikan menggunakan anggaran yang dibebankan pada dana bantuan operasional sekolah (BOS).

#UNBK #Mendikbud Muhadjir Effendy
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan