Menangi Persaingan

Mendekati Kompetitor Bisnis Bisa Menguntungkan

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 31 Agustus 2020
Mendekati Kompetitor Bisnis Bisa Menguntungkan
Jangan gengsi untuk mendekati kompetitor bisnis. (Foto_ Pixabay_mwitt1337)

KEEP your friend close and your enemy closer. Petuah itu ada benarnya juga. Bahkan bisa banget diterapkan dalam berbisnis. Alih-alih bersaing ketat dan berdarah-darah, kamu bisa memilih mendekati kompetitor.

Dilansir Inc.com, di zaman dahulu, kebanyakan pengusaha akan berjalan sendiri-sendiri dalam mengembangkan kerajaan bisnis mereka. Namun, tanpa disadari, mendekati kompetitor bisa mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Bersaing secara sehat dengan belajar bersama-sama atau berkolaborasi dalam mengembangkan bisnis bisa menjadi investasi menguntungkan di masa depan.

BACA JUGA:

Kolaborasi Antar UMKM untuk Bangkitkan Perekonomian Depok

1. Belajar dan maju bersama

bisnis
Berbagi informasi demi kepentingan perusahaan. (Foto: Pixabay_Aymanejed)

Membangun bisnis butuh strategi yang tepat. Pebisnis pemula sering mengalami kegagalan di awal karier karena masih belum mengenal target pasar yang tepat. Untuk mengantisipasi kegagalan itu, coba lah untuk mendekati kompetitor bisnis untuk belajar dan berkembang bersama.

Jangan meninggikan gengsi hanya karena malu untuk mengakui kegagalan yang pernah terjadi. Kesuksesan sebuah perusahaan tidak mungkin tercapai tanpa melalui jatuh bangun persaingan.

2. Kolaborasi dengan kompetitor

bisnis
Bekerja sama untuk mengembangkan bisnis. (Foto_ Pixabay_mohamed_hassan)

Jika kamu akrab dengan beberapa kompetitor bisnis, tidak ada salahnya untuk mengajak mereka mengembangkan bisnis bersama atau membangun usaha yang baru. Banyak orang yang masih salah kaprah karena menganggap kompetitor bisnis seperti saingan yang harus dilawan. Padahal, baik kamu dan kompetitor pastinya memiliki keunggulan tersendiri yang jika digabungkan bisa menguntungkan satu sama lain.

3. Terpacu untuk menjadi lebih baik

bisnis
Berusaha menjadi lebih baik setiap hari. (Foto_ Pixabay_Free-Photos)

Jangan menganggap kompetitor bisnismu musuh bebuyutan. Anggaplah mereka sebagai mentor dalam dunia bisnis yang bisa membuat dirimu terpacu untuk menjadi lebih baik. Mempelajari seluk beluk perusahaan milik kompetitor bukan hanya dari sisi baiknya saja. Kamu bisa mempelajari kegagalan-kegagalan yang pernah dialami oleh kompetitor agar kamu tidak mengalami hal yang sama di kemudian hari.(mar)

BACA JUGA:

Kiat Bersaing Sehat dalam Bisnis

#Agustus New Order #Bisnis
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan