Mendapatkan Kebutuhan Makanan Sehat yang Baik

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 18 Agustus 2020
Mendapatkan Kebutuhan Makanan Sehat yang Baik
Makanan sehat tak selalu mahal (Foto: Unsplash/Maria Lin Kim)

DARI produk organik hingga suplemen makanan, menjalani gaya hidup sehat dapat terlihat sangat mahal dan memakan waktu bagi sebagian besar orang.

Personal Trainer, Joe Wicks. The Body Coach, yang terlahir dari keluarga kelas menengah mengatakan situasi ekonomi berdampak besar bagi pilihan hidup sehat yang diinginkan. Dirinya mengomentari bahwa keluarga berpenghasilan rendah paling sulit menjalani pola hidup sehat.

Baca juga:

Makanan yang Bersifat Detoks bagi Ibu Hamil

"Mereka yang berpenghasilan rendah dan memiliki banyak anak yang ingin makan sehat lebih sulit karena biasanya makanan organik yang sehat mahal. Sementara makanan cepat saji lebih murah," tuturnya.

Beberapa produk makanan sehat memang bisa mahal, tetapi ada juga cara untuk menghemat uang di supermarket dan tetap makan makanan bergizi seimbang yang akan membuatmu merasa kenyang dan berenergi.

Berikut beberapa tips makanan sehat dan murah yang sudah mendapat persetujuan ahli gizi.

1. Kacang-kacangan

makan
Kacang-kacangan murah dan bernilai gizi tinggi (Foto: Unsplash/Marcos Paulo Prado)

Kacang-kacangan seperti lentil, dan kacang polong merupakan sumber protein, serat, vitamin, dan mineral yang murah dan rendah lemak. Mereka juga dihitung sebagai bagian dari lima porsi harian buah dan sayuran yang direkomendasikan.

"Kamu akan terkejut melihat betapa terjangkau dan seberapa jauh kacang-kacangan dapat bermanfaat untuk kesehatan," kata ahli gizi Jenna Hope, yang percaya bahwa keduanya adalah sumber protein, vitamin B, dan serat yang baik untuk diet.

"Untuk mendapatkan lebih banyak makanan, coba beli varietas kering," sarannya.

2. Buah dan sayuran beku

makan
Buah-buahan beku miliki gizi sama tingginya dengan buah-buahan segar namun lebih murah (Foto: Unsplash/nrd)

Dengan cara ini, kamu tak perlu datang ke toko sayuran organik yang mahal dengan produk segar selama lima hari.

"Buah dan sayuran beku sering kali bergizi sama dengan bahan segar, jadi bisa menjadi alternatif yang baik saat memikirkan ide makan malam yang murah," kata Rob Hobson, ahli gizi di Healthspan.

"Buah-buahan beku dapat ditambahkan ke dalam smoothie dan puding sarapan yang sehat, sedangkan sayuran seperti kacang polong, kembang kol, dan jagung manis dapat ditambahkan ke berbagai hidangan, termasuk sup dan semur," demikian tips dari Hobson.

Baca juga:

Rayakan Hari Kemerdekaan dengan Jajanan Sehat Khas Indonesia

3. Makan ikan kaleng

makan
Di sebagian wilayah ikan segar memang tidak murah. (Foto: Unsplash/Caroline Attwood)

Tidak mampu membeli salmon segar dari penjual ikan? Ikan kaleng adalah cara murah yang bagus untuk memperbaiki omega-3 mu. Omega-3 adalah asam lemak yang berperan penting dalam fungsi otak, serta kesehatan usus dan tulang dalam tubuh.

"Cobalah memilih salmon dan mackerel kalengan daripada varietas segar," tambahnya Hope. Itu seringkali menghasilkan beberapa pound lebih murah.

4. Rencanakan ke depan

makan
Rencanakan makanan yang ingin dikonsumsi (Foto: Unsplash/Brooke Lark)

Hobson percaya bahwa cara terbaik untuk mengelola anggaran makanan kamu adalah dengan memetakan apa yang akan ingin kamj makan sepanjang minggu. Dengan begitu kamu tidak akan tergoda untuk mengandalkan keripik dan junkfood saat kehabisan ide.

"Pikirkan tentang bagaimana kamu bisa menggunakan sisa makanan keesokan harinya dan mengubahnya menjadi hidangan menarik lainnya juga," tambah Hobson. (avia)

Baca juga:

Kampanye Piring Bersih di Tiongkok Jadi Upaya Atasi Isu Limbah Makanan

#Makan Scone #Diet
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan