Mendagri Sebut Polemik Mobil Menteri Sudah Sesuai Prosedur

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Minggu, 25 Agustus 2019
Mendagri Sebut Polemik Mobil Menteri Sudah Sesuai Prosedur
Mobil Kepresiden Jokowi (Foto: Ist)

MerahPutih.com - Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin mendatang akan mendapat fasilitas mobil baru untuk kepada kepala negara dan juga para menteri. Pemerintah sudah mengadakan mobil dinas bagi kegiatan operasional menteri dan kepala negara.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mempertanyakan kenapa pembelian kendaraan dinas tersebut dipersoalkan. Padahal semua telah dilalui sesuai prosedur. Bahkan telah disetujui oleh DPR pengadaan mobil tersebut.

Baca Juga:

Mendagri: Tak Usah Permasalahkan Mobil Baru Presiden

“Yang penting semua prosedur sudah dilalui sesuai mekanisme yang ada, baik tender secara terbuka dan penganggaran terbuka disetujui DPR,” ujar Tjahjo kepada wartawan, Sabtu (24/8).

Mendagri Tjahjo Kumolo (MP/Kanu)
Mendagri Tjahjo Kumolo (MP/Kanu)

Tjahjo pembelian kendaraan dinas baru tersebut memang diperlukan karena sudah beroperasi selama 10 tahun sejak mobil itu diproduksi di pabriknya. Bahkan, mobil dinas yang digunakannya pun juga sering mengalami kerusakan.

“Mobil dinas Crown yang saya pakai masih bisa jalan dan dipakai, walau saya sering turun di jalan, pindah ke mobil patroli pengawal (patwal) karena mendadak mogok di jalan,” katanya.

Tjahjo pun mengatakan rencana pembelian mobil dinas baru itu sudah pernah dimunculkan pada 2009, ketika PresidenJoko Widodo baru terpilih sebagai kepala negara. Namun, akhirnya Presiden Joko Widodo memutuskan tidak mengganti mobil dinasnya karena dianggap masih layak pakai saat itu.

Baca Juga:

Mobil Presiden Jokowi Mogok, Ini Jawaban Istana

“Lima tahun lalu berita tentang perlu atau tidak ganti mobil dinas sudah muncul, dan Bapak Presiden Jokowi memutuskan mobil dinas pejabat negara tidak ganti karena masih layak dipakai,” ujarnya.

Rencana pembelian mobil dinas baru oleh pemerintah disebabkan mobil yang sehari-hari dipakai Presiden Joko Widodo sering mengalami kerusakan mulai dari mogok, kaca susah dibuka, dan perangkat komunikasi tiba-tiba menya. (Knu)

Baca Juga:

Seskab Akui Mobil Jokowi Sudah Tiga Kali Mogok

#Tjahjo Kumolo
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan