Headline

Mendagri: Polemik Kunjungan Anies ke Luar Negeri Sudah Selesai

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 23 Juli 2019
 Mendagri: Polemik Kunjungan Anies ke Luar Negeri Sudah Selesai
Mendagri Tjahjo Kumolo (MP/Kanu)

MerahPutih.Com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa terkait izin ke luar negeri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah clear sudah izin ke luar negeri termasuk perpanjangan izin juga sudah lapor.

Tjahjo juga menegaskan bulan ini juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru satu kali ke luar negeri.

Baca Juga: Anies Berharap Pemilihan Wagub DKI Tidak Ditunda Sampai Tahun Depan

"Dan bulan ini Pak Anies Baswedan baru satu kali keluar negeri", kata Tjahjo di Jakarta, Senin (22/7) malam.

Terkait ada pertanyaan siapa saja dari para kepala daerah/wakil kepala daerah ke luar negeri tanpa izin dan berapa kalinya, sebenarnya bisa dicek di imigrasi sehingga tidak berspekulasi.

Lebih lanjut, Tjahjo kembali menegaskan bahwa dirinya tidak menyinggung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Foto: MP/Asropih)

"Saya tidak singgung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, malah saya sebut kunjungan kerjanya sudah ada izin, hal ini saya tegaskan untuk tidak dipelintir pernyataan saya dan ini saya luruskan", tutup Mendagri.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menantang Kemendagri untuk buka-bukaan data terkait kunjungan kerja kepala daerah ke luar negeri. Ia juga berjanji akan membeberkan data kunjungan ke negara luar.

"Saya malah senang kalau diatur dan datanya dibuka, daftar kegiatannya apa, dengan begitu saya bisa menunjukan ini loh kunjungan kerja saya," kata Anies di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (22/7).

Baca Juga: Anies: Pelayanan Publik Semakin Baik Pemprov dan DPDR Harus Harmonis

Hal itu diungkapkan Anies lantaran Tjahjo Kumolo menyindir ada kepala daerah yang kerap keluar negeri semaunya saja. Ia pun memberi arahan agar kepala daerah untuk mengajukan izin perjalanan dinas ke luar negeri paling lambat 10 hari sebelum keberangkatan.

"Dasarnya ada juga beberapa kepala daerah yang asal pergi. Asal pergi tidak mengajukan izin. Kan nggak enak. Kami ditanya bapak presiden," kata Tjahjo di JCC, Senayan, Jakarta.

Ketika disinggungkan apakah hal itu berkaitan dengan kunjungan Anies ke Kolombia dan Amerika Serikat, Tjahjo mengungkapkan nama Gubernur DKI Jakarta itu.

"Nggak. Ya sebagai contoh Pak Anies ya. Dia nggak ada wakil tapi satu tahun berapa kali dia. (Ada yang) hampir sebulan dua tiga kali. Ada loh gubernur hampir tiap minggu izin ke luar negeri, ada," tandasnya.(Asp)

Baca Juga: Hadiri Rapat Paripurna DPRD DKI, Anies Dihadang Sopir Angkot

#Tjahjo Kumolo #Mendagri #Anies Baswedan #Gubernur DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan