Mendagri Minta Pemda Beri Penyuluhan Terhadap Rumah Sakit Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

MerahPutih.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mendorong pemerintah daerah untuk memberikan penyuluhan kepada rumah sakit agar tidak menolak pasien yang akan berobat.

"Saya mengingatkan kepada kepala daerah untuk melakukan pengecekan dan penyuluhan kepada rumah sakit daerah atau rumah sakit swasta di daerah bahwa tugas rumah sakit adalah memberikan pelayanan kesehatan pada setiap anggota masyarakat di daerahnya," kata Tjahjo ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (12/9).

Pernyataan Tjahjo tersebut terkait meninggalnya bayi berusia empat bulan bernama Tiara Debora lantaran keluarganya tidak mampu menyanggupi biaya perawatan di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres.

"Kalau ada rumah sakit lepas kontrol tidak mau menampung atau mengobati setiap pasien, ini masalahnya motivasi untuk cari uang saja. Jangan begitu, kalau menunggu menghitung uang sudah mati orangnya," kata dia.

Terkait dengan RS Mitra Kalideres, Tjahjo mengaku sudah berkomunikasi dengan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat untuk memberikan penyuluhan agar rumah sakit jangan menolak pasien.

"Kalau contoh RS Mitra belum mau kerja sama dengan BPJS. Saya rasa harus proaktif, karena hukumnya wajib rumah sakit harus kerja sama dengan BPJS karena BPJS punya target semua penduduk harus ikut BPJS," kata dia.

Seperti diketahui, Tiara Debora adalah bayi dari pasangan Rudianto Simanjorang dan Henny Silalahi. Bayi yang baru berusia empat bulan itu mengalami sesak napas pada Minggu (3/9), kemudian dilarikan ke RS Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat.

Bayi tersebut kemudian mendapat penanganan di instalasi gawat darurat. Setelah itu, dokter menyarankan agar Debora dirawat di ruang pediatric intensive care unit (PICU).

Lantaran tidak menyanggupi biaya perawatan untuk PICU, pihak keluarga pun mencoba mencari rujukan rumah sakit lain. Akan tetapi, belum sempat mendapatkan rujukan, Debora sudah mengembuskan napas terakhirnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana melakukan evaluasi terhadap RS Mitra Keluarga Kalideres terkait kasus Debora. (*)

Sumber: ANTARA



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH