Mendag Perintahkan Bulog Beli Bawang Merah Petani Mendag Enggartiasto Lukita didampingi Walikota Cirebon Nazrudin Azis (batik) meninjau harga pangan di Pasar Jagasatru. (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita saat mengecek harga komoditas pangan di Pasar Jagasatru, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Minggu (31/12), mengetahui harga bawang merah yang jauh di bawah harga eceran tertinggi (HET).

Untuk mengatasi hal tersebut, Enggar mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dan menugaskan Bulog untuk membeli bawang merah dari petani.

"Kita sebenarnya ada patokan harga, namun ini disparitasnya terlalu jauh. Nanti kami akan berkordinasi dengan Kementan untuk menugaskan Bulog membeli bawang sesuai harga eceran tertinggi," kata Enggar.

Enggar yang didampingi Wali Kota Cirebon Nazrudin Azis di Pasar Jagasatru mengungkapkan kunjungannya ke pasar tersebut atas permintaan Nazrudin Azis untuk mengecek harga komoditas pangan awal tahun 2018.

"Memang saya sengaja ke sini. Pak Wali (Walikota Cirebon) meminta saya untuk melihat kondisi harga pangan," kata Enggar.

Sementara itu, Nasrudin Azis mengaku sangat mengerti apa yang dihadapi masyarakat Kota Cirebon.

"Karena itu, jauh-jauh hari saya sudah meminta kepada pak menteri (Mendag) agar segera dilakukan operasi pasar untuk menekan harga di pasaran," kata Azis.

Dengan harga yang terjangkau, maka masyarakat di Kota Cirebon tidak akan dibebani dengan pengeluaran kebutuhan yang terlalu besar di setiap perayaann hari-hari besar. (Mauritz)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH