Mendag Lepas Ekspor Etanol Senilai 818.400 Dolar AS

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 28 Oktober 2022
Mendag Lepas Ekspor Etanol Senilai 818.400 Dolar AS
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas ekspor 744.000 liter etanol produksi PT Molindo Raya Industrial dengan tujuan Filipina dan Thailand. ANTARA/Biro Humas Kementerian Perdagangan

MerahPutih.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas ekspor 744.000 liter etanol senilai USD 818.400 (setara Rp 12,7 miliar) produksi PT Molindo Raya Industrial dengan tujuan Filipina dan Thailand.

"Saya bahagia menyaksikan pelepasan ekspor produk etanol ke pasar global hari ini sebanyak lima kontainer. Industri ini sangat strategis karena menyerap bahan baku dari petani dan hasil produksinya
ditujukan untuk ekspor. Kedatangan saya untuk menunjukkan dukungan pemerintah bagi usaha-usaha strategis seperti ini," kata Mendag Zulkfli dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (28/10).

Baca Juga

100 Hari Kerja Mendag, IKAPPI Sebut Lebih Banyak Pencitraan

Sedikitnya lima dari 31 kontainer dilepas hari ini dan sisanya menyusul dalam waktu sepekan ke depan. Bahan baku etanol diserap dari hasil pertanian tebu rakyat di sekitar pabrik dengan melibatkan tak kurang dari 25 ribu petani.

Pelepasan ekspor entanol berlangsung di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Jumat (28/10).

PT Molindo Raya Industrial membantu menyerap hasil pertanian tebu rakyat di sekitar pabrik sebagai bahan baku etanol. Tidak kurang dari 25 ribu petani Jawa Timur menyuplai bahan baku ke perusahaan tersebut.

Selain melepas ekspor ke Filipina dan Thailand, PT Molindo juga mengekspor produk etanol ke negara-negara lain yaitu Jepang, Singapura, dan Vietnam.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga mengapresiasi PT Molindo Raya Industrial atas penerapan konsep berkelanjutan yang dilakukan dalam proses produksinya.

Baca Juga

Mendag Minta Dukungan Selandia Baru untuk Pendirian Sekretariat RCEP di Jakarta

PT Molindo Raya Industrial, yang merupakan produsen etanol untuk bahan yang aman bagi makanan (food grade) terbesar di Indonesia, memanfaatkan sekitar 115.000 ton limbah tetes tebu untuk produksinya.

“Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan jajaran PT Molindo Raya Industrial atas kontribusinya membantu perekonomian nasional, tidak hanya dari sisi ekspor, tetapi juga pada aspek berkelanjutan serta pemberdayaan petani di sekitar,” ungkap Zulkifli.

Zulkifli meyakini bahwa Indonesia mampu menjawab berbagai tantangan kebutuhan pasar global untuk produk-produk berkualitas tinggi. Mendag juga mengatakan, pemerintah akan selalu mendukung industri-industri strategis yang berorientasi ekspor dan mendukung pertanian rakyat.

“Diharapkan kegiatan pelepasan ekspor ini dapat menjadi momentum untuk mendorong perluasan akses pasar ekspor bagi produk-produk Indonesia di masa depan, sekaligus menjadi penggerak roda ekonomi Indonesia di masa pemulihan setelah pandemi COVID-19,” tutup Mendag.

PT Molindo Raya Industrial merupakan salah satu perusahaan penerima Penghargaan Primaniyarta pada pembukaan Trade Expo Indonesia ke-37 tahun 2022 untuk kategori produk manufaktur. (*)

Baca Juga

Mendag Zulkifli Klaim Berhasil Stabilkan Harga Bahan Pokok

#Menteri Perdagangan #Kemendag
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan