Mendag Enggar Ingin Pasar Drajat Diresmikan Presiden Jokowi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meninjau Pasar Drajat di Pangeran Derajat Kelurahan Drajat, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Minggu (31/12). (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meninjau Pasar Drajat di Pangeran Derajat Kelurahan Drajat, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Mendag menyebut Presiden Jokowi akan meresmikan pasar tradisional di kabupaten/kota di Indonesia yang dibangun menggunakan dana APBN dari Kementerian Perdagangan.

"Ini salah satu pasar (Pasar Drajat) yang akan kita masukan dalam rencana untuk diajukan kepada untuk Bapak Presiden meresmikannya. Semua pasar kita minta Bapak Presiden yang akan meresmikan," ucap Enggar di Cirebon, Minggu (31/12).

Saat ini, dirinya melakukan peninjauan di pasar-pasar tersebut apakah layak atau tidaknya pasar tersebut diresmikan oleh presiden.

"Tapi saya tinjau dulu apakah pasar-pasar tersebut layak atau tidak diresmikan oleh Bapak Presiden," kata Enggar.

Menurut Enggar, seluruh bangunan pasar tradisional yang dibangun oleh Kementerian Perdagangan dibangun dengan prototipe yang sama.

Enggar menambahkan, pembangunan pasar tradisonal di daerah-daerah oleh kementerian perdagangan berdasarkan atas permintaan atau pengajuan dari pemerintah daerah.

Pasar tradisonal yang dibangun oleh kementerian perdagangan dilengkapi dengan tempat ibadah dan ruang menyusui, ruang pemotomgan ayam dan juga poliklinik

"Dari drainasenya ada, musholanya ada. Ruangan untuk ibu menyusui juga ada, polikliniknya juga ada," sebut Enggar.

Enggar mengungkapkan, biaya pembangunan Pasar Drajat menelan biaya sebesar Rp 5,5 miliar yang bersumber dari APBN Kementerian Perdagangan. (*)

Berita ini berdasarkan laporan Mauritz, kontributor Merahputih.com untuk Cirebon dan sekitarnya. Baca juga artikel lainnya dari Cirebon dan Maurtz di: OJK Optimistis Kredit Perbankan 2018 Tumbuh 12 Persen


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH